Sunday, 27 September 2020

Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri, Panji Balik Kampung – Semarak Bumi Panji 2016 di SLG

post-top-smn
Panji sedang balik kampong-semarak bumi panji di SLG Kediri

Panji sedang balik kampong-semarak bumi panji di SLG Kediri

Kediri, SMN – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kabudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri (21/07) akan segera menggelar pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2016 (10 Juni 2016 – Lagi,). Kegiatan ini merupakan Calendar of event yang telah memasuki penyelenggaraan yang ke-12. Pekan budaya dan pariwisata ini akan diselenggarakan di kawasan simpang lima gumul (SLG), dapat dikunjungi dan disaksikan oleh masyarkat umum gratis tanpa dipungut biaya. Sebagai salah satu wadah untuk melestarikan dan mempromosikan kebudayaan dan pariwisata, acara ini digelar dari tanggal 31 juli 2016 s.d 6 agustus 2016.

Dengan tema “Panji Balik Kampung – Semarak Bumi Panji” cerita panji ini merupakan cerita yang memasyarakat sebut saja cerita mengenai Inu Kertapati dan Galuh Candrakirana, Ande-ande Lumut, Keong Emas. Cerita-cerita ini telah tersebar ke penjuru nusantara dan bahkan ke Negara lain. Panji seringkali identik/menampilkan karakter sebagai tokoh Jawa Timur yang setting cerita maupun sejumlah peninggalan karyanya dapat ditemukan di Kediri: Jaranan, cerita rakyat, relief situs Gambyok, maupun relief di Candi Penataran, Surawana, dan Tegawangi. Walaupun demikian para tokoh Panji memiliki versi cerita yang berbeda di setiap wilayah seiring dengan ekspansi kekuasaan zaman kerajaan Mataram. Panji balik kampung bermaksud mengumpulkan dan merangkai kembali panji sebagai kebudayaan Indonesia sehingga dapat melestarikan, memberi pelajaran, sekaligus menjalin kembali budaya panji yang telah berkembang di nusantara.

Pecan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2016 juga menampilkan konsep penampilan unik dan menarik yaitu Art on the street yang membuat pengunjung dapat melihat secara dekat pertunjukan teater, pagelaran musik tradisi, batik fashion show yang berlangsung di jalan sehingga dapat lebih mengapresiasi dn berinteraksi. Pojok kuliner Kediri street food festival turuf mengisi dengan sajian kreasi hidangan kuliner tradisional dan modern yang sangat lezat dan menggoda selera serta diiringi alunan live music. Semakin lengkap event ini turut merapatnya Gathering Mobil Volkswagen (VW) se Jawa – Bali yang diadakan di Kediri. Memungkinkan pengunjung berfoto/selfie bersama beberapa mobil legendaris yang terparkir di area pameran.

Berbagai pagelaran kesenian akan meramaikan, yang sarat dengan seni budaya tradisional seperti ketoprak, ludruk, jaranan, dan wayang orang. Acara ini juga dimeriahkan oleh parade budaya dan pawai mobil hias dari instansi pemerintahan, perusahaan, dan komunitas yang berasal dari dalam maupun luar wilayah Kabupaten Kediri pada saat pembukaan event ini, tanggal 31 Juli 2016. Pada puncak acara kesenian berupa pagelaran Tari kolosal 1.000 Barong Nusantara yang selalu menyedot respon ribuan penonton dilaksanakan di hari terakhir pelaksanaan pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2016.

Sebaagi kontinyuitas pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2016, selama tujuh hari pelaksanaan, ratusan stand mulai dari stand industry kreatif UMKN, kepariwisataan, hingga kehadiran area kuliner food truck akan menampilkan ragam usaha jasa pariwisata, produk kesenian, budaya, kerajinan dan produk UMKM, produk industry swasta, hingga pedagang kaki lima, dan juga kuliner. Pameran ini merupakan kesempatan yang selalu ditunggu ratusan exhibitor pengisi stand untuk menampilkan kreasi produknya dan tentunya para visitor yang dari tahun ke tahun pelaksanaan selalu mengalami peningkatan sangat pesat, hingga puluhan ribu tiap harinya. Pameran ini buka setiap hari dari mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Sedangkan stand yang tidak boleh untuk anda lewatkan adalah stand kampong panji dan apresiasi budaya. Stand ini akan memanjakan para penikmat seni dan pecinta fotografi dengan berbagai benda cagar budaya, hasil karya wayang beber kontemporer pelajar SMA di kabupaten Kediri, serta kriya berbasis kesenian dan kebudayaan. Bagi masyarakat luas, apresiasi atas panji sebagai masterpiece yang berakar budaya dan karakter dari masyarakat Kediri diharapkan juga menjadi kebanggan dan semangat untuk turut memiliki dan berkarya.

Turut memeriahkan lomba adu kreatifitas berupa lomba lampion dan laying-layang. Lomba-lomba ini diperuntukkan bagi umum. Ada pula sejumlah lomba untuk memancing kreatifitas pelajar yaitu lomba music tradisional tingkat SMP, lomba teater “panji” tingkat SMA, dan pemilihan Putra-Putri Batik tingkat umum (Usia 16-23 tahun).

Pengunjung yang datang diperkirakan lebih dari 15.000, setiap harinya selama penyelenggaraan, sebelumnya baik dari dalam maupun luar kawasan kabupaten Kediri. Ini menunjukkan wujud antusiasme masyarakat terhadap seni budaya dan pariwisata dan merupakan potensi di kabuapten Kediri. Respon pelaku wisata, budaya, kesenian, kerajinan, dan dunia usaha untuk ikut turut serta dalam pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2016. juga merupakan semangat untuk turut menyukseskan event ini. Luar biasanya respon masyarakat atas publikasi dan promosi pekan budaya dan pariwisata kabuapten Kediri 2016 yang secara viral di sosial media menjadi perpaduan kuat semangat bersama untuk mencapai kesuksesan dan menjadikan event ini sebagai calendar of event di kabupaten Kediri.

Nantikan dan Saksikan gelaran pekan budaya dan pariwisata kabupaten Kediri 2016, tanggal, 31 Juli 2016 s.d 06 Agusuts 2016, di kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri (Adv./Disbudpar/SMG).

post-top-smn

Baca berita terkait