Friday, 23 October 2020

Pawai Ogoh-Ogoh Ramaikan Perayakan Nyepi Umat Hindu

post-top-smn
Suasana kemeriahan Pawai Ogoh-Ogoh yang diberangkatkan langsung oleh Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM mengelilingi Kota Wlingi

Suasana kemeriahan Pawai Ogoh-Ogoh yang diberangkatkan langsung oleh Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM mengelilingi Kota Wlingi

Blitar, SMN – Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1939, puluhan Ogoh-ogoh atau replika raksasa berwatak jahat, telah memenuhi jalan raya depan Taman Wlingi, Kabupaten Blitar, Senin (27/03) pagi. Ratusan ogoh-ogoh ini, telah disiapkan oleh umat Hindu dari berbagai desa di Kabupaten Blitar.

Ogoh-ogoh berbagai ukuran dan bentuk ini, akan mengikuti rangkaian upacara Tawur Agung Kesanga serta diarak sepanjang sekitar empat kilo meter. Replika raksasa berwatak jahat ini, nantinya akan dimusnahkan dengan cara dibakar, seiring dengan dimulainya Catur Brata Penyepian, petang hari nanti. Maknanya, adalah menghilangkan watak atau sifat jahat manusia, dengan hancurnya ogoh-ogoh atau simbol sang Buta Kala atau raksasa simbol kejelekan sifat manusia.

Humas Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab/Kota Blitar, Yuliono mengatakan, dengan adanya acara ini diharapkan bisa menciptakan kesadaran manusia untuk menjaga harmonisasi dengan Tuhannya sebagai Pencipta alam semesta. Dengan alam sebagai tempatnya hidup dan dengan sesama manusia sebagai sesama makhluk yang hidup di alam.

Sementara itu Bupati Blitar Drs H Rijanto, MM menyampaikan pawai ogoh-ogoh ini selain rangkain perayaan Hari Raya Nyepi umat Hindu, juga untuk membangun potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Blitar, untuk itu Pemerintah Kabupaten Blitar juga akan menganggarkan APBD untuk membiayai perayaan ogoh-ogoh ini. Selain itu kami jadikan acara ini sebagai acara rutin tahunan. Tujuannya semoga bisa menarik perhatian wisatawan untuk lebih tertarik dengan suguhan pawai ogoh-ogoh ala Blitar,” katanya.

Pawai diberangkatkan langsung oleh Bupati Blitar, mengelilingi Kota Wlingi dengan jarak tempuh sekitar 3 km. Start dan finish dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Wlingi. Acara ini dihadiri sekitar 60 ribu umat Hindu se kab/kota Blitar. (Adv/Hms/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait