Friday, 4 December 2020

Pasar Wisata Muhammad Cheng Hoo Nampak Kumuh Kabid Industri Kecil dan Pedagang Kecil Segera Tata Ulang

post-top-smn

images-3-1

Pasuruan, SMN – Memprihatinkan untuk Kondisi Pasar Wisata Muhammad Cheng Hoo yang berada di lokasi Pandaan ini, Padahal, pasar wisata tersebut salah satu pasar tradisional yang menjadi aicon kebanggaan pasar wisata pandaan, yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Hal ini terbukti dan nampak terlihat di sejumlah halaman pasar wisata tersebut di jam 07.20 Wib – 19.00 Wib, banyak sampah yang berserakan.

Saat di jumpai SMN dari salah satu pengunjung asal warga Kluncing, Kelurahan Pandaan yaitu Susanto mengakui sepertinya pasar tersebut masi butuh penataan. “Pasar Wisata muhammad Cheng Hoo potensi dijadikan destinasi wisata,” katanya, Sabtu (08/05/2017).

Banyak wisatawan berbagai daerah yang datang berbelanja di pasar wisata cheng hoo.  Sayangnya kenyamanan berbelanja terganggu oleh kondisi pasar yang kumuh adanya banyak kotoran seperti plastik,  kertas serta sampah lainya yang berserakan di tengah-tengah halaman dan kondisi penataan parkiranya terutama roda empat pun semerawut. Selain itu, belum lagi bila ada turunya hujan atap pasar wisata cheng hoo tersebut sering kebocoran dan halamanya banyak digenangi air.

Lebih lanjut,  Susanto meminta peran semua SKPD seperti Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk bersama-sama menuntaskan penataan pasar wisata Muhamad Cheng Hoo,”Terangnya.

“Heru Hermandi Kabid Industri Kecil dan Dagang Kecil Kabupaten Pasuruan, yang di percaya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag), segera bertindak tegas dengan adanya hal ini, dan segera ngambil tindakan untuk menata ulang pasar wisata Muhamad Cheng Hoo. Bukan malah melakukan pembiaran, karena di Negara kita tidak ada yang kebal hukum, dan harus berani jerat setiap pelakunya. Bukan malah tutup mata, tutup telinga, karena mereka di gaji Negara dari uang rakyat untuk bekerja, bukan di gaji hanya untuk tidur.

Diterangkanya unek-unek dan keluhan dari salah satu pedagang setempat yang mempunyai kios pasar wisata muhammad cheng hoo yakni Yos mengatakan bahwa kekumuhan di sejumlah halaman pasar wisata cheng hoo disebabkan oleh para pendatang pedagang kaki lima yang datang berjualan di tempat wisata pasar cheng hoo tersebut. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait