Wednesday, 21 October 2020

Partai Nasdem Usulkan PAW Suwito

post-top-smn
Alm. Suwito, Anggota Komisi II DPRD  Ngawi

Alm. Suwito, Anggota Komisi II DPRD Ngawi

Ngawi, SMN –  Partai Nasional Demokrat (Nasdem) mengajukan usul penggantian antar waktu (PAW) untuk almarhum Suwito, Anggota Komisi II DPRD Ngawi yang meninggal dunia 2 Maret 2017 lalu. “Kita ikuti mekanisme dan aturan yang berlaku, namun partai tetap memproses PAW ini agar tidak ada kekosongan dalam peran anggota Partai Nasdem bekerja di DPRD,” ungkapnya.

Ketua KPU Ngawi, Syamsul Wathoni juga mengaku sudah menerima surat permintaan dari pimpinan DPRD untuk memulai proses PAW yang diperlukan. KPU akan melakukan verifikasi terhadap alon pengganti antar waktu. “Ketentuannya ya caleg yang memperoleh suara terbanyak berikutnya dalam satu daerah pemilihan dengan calon yang di-PAW, keculi ada sebab lainnya,” ujarnya.

Calon pengganti yang diusulkan akan diteliti sejak perolehan suaranya, kelengkapan berkasnya dan lain sebagainya. Hal ini misalnya meliputi perolehan suara sah calon, peringkat perolehan suara calon dan daftar calon tetap. “Hasil ceklit atau pengecekan dan penelitian dari KPU akan dituangkan dalam berita acara hasil pemeriksaan dan dikirimkan ke DPRD,” ungkap Toni, panggilan akrab Ketua KPU Ngawi ini.

Setelah diserahkan ke DPRD, maka kelanjutan proses PAW akan dilakukan dewan diantaranya dengan mengusulkan ke gubernur untuk mendapatkan pengesahan PAW. “Waktunya relatif tergantung hasil ceklit, tetapi mengingat PAW dilakukan untuk anggota DPRD karena meninggal, biasanya lebih cepat,” ungkapnya. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait