Tuesday, 27 October 2020

Paripurna Penyampaian Rises dan Penyerahan LKPJ Bupati

post-top-smn
Suasana rapat paripurna DPRD Sampang membahas penyampaian hasil reses

Suasana rapat paripurna DPRD Sampang membahas penyampaian hasil reses

Sampang, SMN – Rapat paripurna kedua dalam tahun 2017 ini mengagendakan penyampaian hasil reses I yang telah dilakukan oleh seluruh anggota dewan. Hadir dalam rapat paripurna Wakil Bupati Sampang, Forkopimda, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), seluruh camat se kab sampang dan anggota DPRD Sampang. Diagendakan pula penyampaian LKPj Bupati Sampang tahun anggaran 2016.

Reses bagian dari salah satu tugas dan fungsi anggota DPRD sebagai lembaga presentasi rakyat untuk menyerap dan mengetahui informasi serta keluhan masyarakat.ini semua untuk menghimpun dan menginventarisir data informasi yang terkait dengan keluhan, kebutuhan dan juga data akurat dalam upaya menyusun program dan rencana strategi pada masing-masing daerah. Oleh karena itu, dalam rangka penyampaian laporan Hasil reses Ke 1, DPRD Sampang menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaian hasil reses ke 1 diaula sidang paripurna DPRD Sampang, senin (3/4).

Selain mengagendakan penyampaian hasil Reses, Rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sampang KH Imam Ubaidillah mengemukakan, inventarisasi aspirasi masyarakat yang disalurkan kepada anggota dewan nantinya akan diserahkan dan direalisasikan ke Pemerintah kabupaten. Menurutnya, Pemkab Sampang nanti mesti menindaklanjuti poin-poin yang menjadi hasil Reses anggota dewan.

Hasil Reses masing-masing fraksi/anggota dewan mengemukakan permasalahan – permasalahan yang ada di masyarakat daerah pemilihan, baik di sektor pembangunan fisik maupun non fisik yang meliputi bidang infrastruktur, pendidikan, sosial, Pendidikan, Pertanian, ekonomi, perbaikan sarana air bersih, penerangan jalan dan sejumlah aspirasi lainnya. Kegiatan pengawasan selama ini yang telah dilaksanakan oleh DPRD guna mendengar pendapat umum baik dengan instansi Pemerintah daerah maupun swasta bahkan dengan masyarakat bawah, urainya.

Untuk itu, hasil pelaksanaan reses Dewan wajib disampaikan kepada Pemkab karena merupakan kebutuhan yang benar-benar diharapkan oleh masyarakat itu sendiri. Sehingga ketika Pemkab menyusun perencanaan pembangunan daerah melalui pelaksanaan Musrenbang, maka perlu ditegaskan agar dapat mengakomodasikan aspirasi masyarakat yang diperoleh pada saat pelaksanaan reses dewan. Pelaksanaan rapat paripurna Dewan saat ini merupakan upaya untuk melegalisasi seluruh hasil pelaksanaan pada masa reses, ujarnya.

Selaku Juru bicara masing-masing perwakilan Dapil menyampaikan laporan Hasil Reses dari masing- masing Dapil (Daerah Pemilihan). Yang pada umumnya keluhan yang disampaikan masyarakat seperti belum optimalnya program yang dilakukan. Kebutuhan lain yang disampaikan masyarakat juga masih sangat mengharapkan Pemkab Sampang agar dapat memperhatikan hal-hal tersebut. “Reses bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat yang dilaksanakan oleh Anggota DPRD di daerah pemilihan masing-masing, ujar Juru bicara Dapil I Aulia Rahman, dalam paripurna tersebut.(adv/why)

post-top-smn

Baca berita terkait