Friday, 30 October 2020

OTT 2 Instansi, Pokja Pencegahan Pungli Gencar Sosialisasi

post-top-smn
Kepala Inspektorat Ponorogo Ir H. Hadi Prayitno

Kepala Inspektorat Ponorogo Ir H. Hadi Prayitno

Ponorogo, SMN – Kinerja Tim Saber Pungli Kabupaten Ponorogo dalam upaya meniadakan pungutan liar di Ponorogo membuahkan hasil. Tim yang dibentuk berdasarkan Perpres no 87 tahun 2016 tersebut berhasil menangkap secara OTT oknum penarik retribusi di pasar dibawah naungan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Perdakum) dan oknum penarik retribusi parkir dibawah kewenangan Dinas Perhubungan. Hal tersebut disampaikan oleh Ir H. Hadi Prayitno, Kepala Inspektorat Ponorogo yang juga Ketua Pokja Pencegahan Tim Saber Anti Pungli, di ruang kerjanya.

Menurut Hadi, pihaknya akan intens dalam memerangi pungli sesuai dengan intruksi Presiden Jokowi. “Sehingga dengan Pokja kami, yaitu pencegahan, kami terus bersosialisasi untuk memberikan pengertian tentang pungli dan bagaimana menghindarinya”, ujar Hadi.

Sampai dengan saat ini, kami telah memberikan sosialisasi kepada instansi yang memberikan pelayanan publik, karena yang disebut dengan pungli adalah memberikan biaya yang tidak seharusnya dimana transaksinya melibatkan antara masyarakat dengan Aparatur Sipil Negara, urai Hadi.

“Selain itu Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan merupakan instansi yang rawan terjadinya pungli. Seperti di sekolah misalnya, antara memberikan bantuan dan sumbangan merupakan hal yang sangat rawan terjadinya pungli. Karena itu banyak sekolah yang meminta sumbangan dengan menggunakan komite sebagai alat legalitasnya”,terang Hadi.

Untuk itu kepada masyarakat Ponorogo yang menemukan pungutan liar agar melapor melalui SMS ke 081234995599 atau ke email saberpungliponorogo@gmail.com, dan mari bersama-sama memerangi pungli di Ponorogo, pungkas Hadi. (Wied)

post-top-smn

Baca berita terkait