Tuesday, 24 November 2020

Murid TK Pun Dikenalkan Lokasi Bersejarah Ngawi 

post-top-smn
TK Nawa Kartika berkunjung ke Monumen Soerjo

TK Nawa Kartika berkunjung ke Monumen Soerjo

Ngawi, SMN – Menjelang peringatan Hari Kartini, banyak sekolah mengadakan wisata belajar dengan  mendatangi lokasi-lokasi yang mengandung nilai sejarah yang tinggi. Hal ini seperti dilakukan PAUD dan TK Nawa Kartika Muslimat NU Beran Ngawi, Sabtu (15/4). Ratusan siswa cilik diajak mengunjungi lokasi sejarah seperti di Monumen Soerjo, rumah peninggalan Dr Radjiman Wedyodiningrat dan Museum Trinil.

Kunjungan wisata sejarah ini juga sekaligus menjadi wahana mengenalkan anak sejak dini pada perjuangan para pahlawan, bukan hanya mendengar tentang cerita kepahlawanan fiksi seperti dalam film kartun atau sekadar melihat gambar. “Dengan mengenalkan sejak dini pada perjuangan para pahlawan kami harapkan, anak-anak ini sejak dini sudah tertanam rasa menghargai jasa para pahlawan bangsa,” ungkap Mazidhatul Al Husna, Kepala TK Nawa Kartika yang turut membimbing rombongan wisatawan cilik ini.

Di bawah patung Gubernur Soerjo guru dan siswa pun mengheningkan cipta secara sederhana untuk mengenang pengorbanan para pahlawan.  Demikian juga saat kunjungan ke rumah peninggalan Dr Radjiman Wedyodiningrat, di Kauman, Kecamatan Widodaren. Mereka diajak untuk berdoa sejenak dan ditanamkan jiwa cinta tanah air.

Anak-anak yang berusia antara  empat sampai enam tahun ini banyak yang bertingkah lucu ketika dikenalkan tentang nama besar para pahlawan. Sebagian besar mengaku belum mengerti namun mengaku ingin seperti pahlawan agar mampu menolong orang lain. Apalagi saat diberitahu bahwa para pahlawan itu juga membantu warga di sekitar tempat tinggalnya seperti yang dilakukan Dr Radjiman ketika berada di Ngawi, di sela kesibukannya membantu menyiapkan kemerdekaan Indonesia. “Pahlawan itu power ranger, tapi saya juga mau membantu orang seperti Pak Radjiman, seperti cerita Bu Guru,” ujar Fatur, salah satu siswa nol kecil.

Kunjungan anak-anak TK ini kemudian dilanjutkan ke Museum Trinil, dimana mereka dikenalkan tentang makhluk purba pra sejarah, melihat fosil gading gajah dan replika manusia purba. Kendati mengaku bingung, namun semua anak merasa senang karena diajak berwisata bersama kawan-kawan sepermainannya. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait