Friday, 25 September 2020

Mulai Sidak Harga, Kunjungi Ponpes sampai Kultum, Kegiatan Bupati di Bulan Ramadhan

post-top-smn
Bupati Ngawi saat sidak pasar

Bupati Ngawi saat sidak pasar

Ngawi, SMN – Walaupun bulan Ramadhan berlangsung, namun tak menjadikan Bupati Ngawi, Ir Budi Sulistyono atau acap disapa Kanang, harus berkurang semangat dalam melayani masyarakat. Bupati yang terpilih kembali pada Pilkada langsung tahun 2015 itu bahkan bertambah kesibukan mengikuti agenda bulan Ramadhan, di samping tugas dan kegiatan harian yang selama ini tetap dituntaskan. “Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga sangat sayang kalau hanya digunakan untuk bermalas-malasan, puasa bukanlah alasan untuk tidak bersemangat kerja,” ungkap Kanang.

Bupati Ngawi saat memberi kultum di masjid agung

Bupati Ngawi saat memberi kultum di masjid agung

Bupati Ngawi mengawali aksi Ramadhan dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejulah pasar tradisional pada 3 Juni 2016 lalu. Bupati Ngawi melakukan hal ini sehubungan maraknya berita mengenai kebutuhan pokok yang terus merangkak naik menjelang dan selama bulan Ramadhan. “Memang benar ada beberapa komoditi yang naik harga, namun masih dalam jangkauan daya beli masyarakat Ngawi,” ujarnya.

Namun demikian Kanang, juga memerintahkan Dinas Perdagangan dan Pasar untuk melakukan operasi pasar demi mengantisipasi tingkat kebutuhan barang yang meningkat selama bulan ramadhan ini.

Bukan hanya agenda saat siang hari, Bupati Ngawi ini juga meneruskan tradisi yang sudah lama berlangsung di Ngawi, yakni safari ramadhan. Safari Ramadhan ini bertujuan menjalin keakraban antara pemimpin dan ulama dimana bupati beserta jajaran menyempatkan diri mengunjungi pondok pesantren, bersilaturrahim bersama kyai dan pengasuh pondok. Dalam kunjungan ke pondok pesantren seperti ini, Kanang juga menerima masukan dari para kyai sehingga dapat menambah bekalnya dalam memimpin Ngawi. Tak lupa, bupati juga memberikan bantuan pada pondok pesantren yang disinggahi untuk dapat dimanfaatkan bagi operasioal pesantren.

Bupati Ngawi dalam sebuah safari ramadhan

Bupati Ngawi dalam sebuah safari ramadhan

Selain pentingnya menjaga hubungan dengan para kyai melalui safari Ramadhan, tahun ini Bupati Ngawi Budi Sulistyono alias Kanang juga mendapatkan kesempatan untuk memberikan tauziah singkat atau kuliah tujuh menit (kultum) di hadapan jamaah Masjid Baiturrahman. Tauziah yang disampaikan pada 16 Juni 2016 itu menceritakan teladan dari Rasulullah, yakni cara Nabi Muhammad dalam mengisi Ramadhan dengan makin mendekatkan diri pada Allah, meningkatkan amal ibadah. Selain itu juga Nabi Muhammad selalu berusaha mensucikan diri dari dosa dan juga kegembiraan Nabi karena bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang penuh rahmat dan ampunan, melebihi bulan-bulan lainnya. “Semua ini hendaknya menjadi suri teladan pula bagi kita umat Islam, “ ujar Kanang. (adv/humas)

post-top-smn

Baca berita terkait