Thursday, 29 October 2020

Menteri PUPR Puji Eksotisme Benteng Van Den Bosch

post-top-smn
Bupati Ngawi bersama Menteri PUPR  M. Basoeki Hadimuljono

Bupati Ngawi bersama Menteri PUPR M. Basoeki Hadimuljono

Ngawi, SMN – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basoeki Hadimuljono memuji lokasi wisata sejarah Benteng Van Den Bosch atau acap disebut warga Ngawi sebagai Benteng Pendhem. Benteng peninggalan VOC yang dibangun pada 1839-1845 ini menurut dia, merupakan lokasi yang layak dikunjungi karena tingginya nilai sejarah yang dikandung. “Bagus kalau ada pembenahannya,” ungkap Basoeki Hadimoeljono saat diajak mengunjungi lokasi ini Senin (20/2) lalu.
Kementrian PUPR sendiri memiliki program Kota Pusaka di bawah Dirjen Bina Marga. Konsep pembenahan lokasi sejarah ini menjadi mungkin dilaksanakan untuk Benteng Pendhem seperti halnya yang pernah didilaksanakan di lokasi wisata Lawang Sewu dan Kota Tua Semarang. onsep tersebut tandasnya, sudah direalisasikan seperti di Lawang Sewu dan Kota Tua Semarang. “Kita juga bisa menggagas untuk dikirimkan arsitek dari Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemkab Ngawi,” ujarnya.
Bupati Ngawi, Budi Sulistyono atau acap disapa Kanang menyatakan, pihaknya menyambut baik niat kerjasama antara pekab dan Kementerin PUPR, apalagi untuk restorasi Benteng Pendhem memerlukan dana yang tidak sedikit. “Konsepnya tentu akan kita sesuaikan dengan keadaan dan status benteng sebagai wilayah cagar budaya,” ungkapnya. (ari)
post-top-smn

Baca berita terkait