Friday, 30 October 2020

Mengais Rejeki Sebagai Pemecah Batu, Bisa Meningkatkan perekonomian Warga

post-top-smn
Mul, Salahsatu Buruh Pemecah Batu warga Dusun Krajan Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo

Mul, Salahsatu Buruh Pemecah Batu warga Dusun Krajan Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo

Banyuwangi, SMN – Warga masyarakat yang berada di wilayah Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo mengenai mata pencahariannya selama ini dinilai sangat variatif. Rata – rata mereka bekerja sebagai nelayan, pedagang, buruh tani dan pekerja serabutan. Kini , dengan adanya penambangan pasir batu (Sirtu) yang berlokasi di Dusun Krajan setidaknya bisa mengangkat taraf hidup masyarakat dan bisa menumbuhkan peningkatan perekonomian.

Dilokasi sirtu Desa Bangsring mayoritas pekerja yang mengais rejeki disana warga setempat. Sehingga, mereka secara rutin mendapatkan penghasilan yang cukup. Apalagi disaat pekerjaan proyek berjalan, setiap rit nya mereka bisa mendapatkan penghasilan kuranglebih sebesar Rp 200 ribu.

Hal itu disampaikan, salahsatu warga bernama Mul yang setiapharinya bekerja sebagai pemecah batu saat ditemui SMN mengaku, ia bekerja sebagai pemecah batu sekitar 3 tahun ini. Menurutnya, penghasilan yang ia dapatkan jika dibanding dengan tahun – tahun sebelumnya sangat berbeda. Karena, selama sebagai pemecah batu bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

“Memang sangat berat namun penghasilan disini jelas. Terbukti, pekerjaan ini juga diikuti teman dan keluarga nya sampai saat ini. Saya mau bekerja yang lainnya tidak punya keahlian, mau bercocok tanam disini kekurangan air sehingga tanaman tidak bisa maksimal karena kondisi wilayah bangsring bisa dikatakan lahan tandus atau gersang,” Ungkapnya.

Untuk pengelolaan penambangan sirtu hingga saat ini masih tetap berjalan dan didukung oleh pemerintahan desa setempat. Hal itu berorientasi pada kesejahteraan warga setempat demi terciptanya perekonomian masyarakat. Selain itu, setiap ritnya ada kontribusi terhadap fasilitas sosial sepertihalnya pembangunan masjid dan perbaikan sarana prasarana jalan.(Edhi)

post-top-smn

Baca berita terkait