Thursday, 29 October 2020

Mantan Ketua Askab PSSI Jember Diperiksa Kejari, Terkait Kasus Dugaan Penyelewengan Dana Hibah Askab PSSI

post-top-smn
Kajari Jember H Ponco Hartanto, SH, MH

Kajari Jember H Ponco Hartanto, SH, MH

Jember, SMN – Kasus dugaan penyelewengan dana hibah Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) kembali dilanjutkan. Kali ini mantan Ketua Askab PSSI Jember berinisial DP, kembali menjalani pemeriksaan penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kejaksaan Negeri (Kejari) Jember, Rabu (8/3) kemarin.

Hal ini disampaikan Kepala Kejari (Kajari) Jember, H Ponco Hartanto SH MH saat dikonfirmasi sejumlah wartawan dan beliau membenarkan hal tersebut. Biarpun kasus ini sempat menunggu lama terkait kelanjutan perkembangan kasus ini.

“DP kami periksa terkait kasus dugaan penyelewengan penggunaan anggaran dana hibah dari APBD Jember anggaran tahun 2014/2015 senilai total Rp 4,3 miliar,” kata Kajari Jember, kemarin.

Hal itu memang semuanya benar, kata Kajari menambahkan, bahwa hari Rabu (8/3) itu, pihak Kejari telah melakukan pemeriksaan kepada mantan Ketua Askab PSSI, dan yang bersangkutan kooperatif hadir dan menjalani pemeriksaan Tipikor Kejari Jember.

“Kalau statusnya, itu masih sebagai saksi dan kita masih lakukan penggalian keterangan dari yang bersangkutan,” tambahnya.

Masih kata Ponco, kasus dugaan korupsi itu sebenarnya telah ditangani oleh Kejari Jember sejak tahun 2016 lalu.

“Jadi hingga saat ini pun, kami masih dalam tahap pengumpulan keterangan sehingga belum ada penetapan nama-nama tersangka,” bebernya.

Diketahui sebelumnya, dari pengumpulan bahan dan bukti keterangan (pulbaket) terkait kasus itu, jaksa mengindikasi adanya potensi kerugian negara hingga mencapai angka 3 miliar rupiah lebih.

Informasi yang berhasil di himpun, dari tahun 2014 ASKAB PSSI Jember tidak pernah menggelar rapat ataupun kompetisi internal, mulai dari Divisi III, II, I hingga Divisi Utama, namun anggaran tetap diterima pengurus. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait