Friday, 2 October 2020

Lulusan SLTA Sederajat Yang Memiliki Potensi Nilai Akademik Lebih Dibiayai Pemerintah.”Program Banyuwangi Cerdas”

post-top-smn
IMG_20160725_085134

Kepala dinas pendidikan Banyuwangi Drs. Sulihtiyono Mm,Mpd

Banyuwangi, SMN – Kepala dinas pendidikan Banyuwangi Drs. Sulihtiyono Mm,Mpd.Memberikan pengarahan kesejumlah calon mahasiswa dan mahasiswi di gedung Aula Dinas Pendidikan Banyuwangi, yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi Universitas Jember(UNEJ) dengan jalur program bupati Abdullah Azwar Anas,Banyuwangi cerdas. Program Banyuwangi cerdas ini merupakan lulusan SLTA sekabupaten Banyuwangi yang memiliki kecerdasan atau nilai akademik memadai, namun dari segi ekonomi lemah.Hal tersebut disampaikan kepala dinas Pendidikan Banyuwangi Sulihtiyono di temui dikantor dinasnya senin tgl (25/7)kemarin.

Dalam pemaparannya sulihtiyono berpesan agar membawa nama baik Banyuwangi “ kalian merupakan wakil dari putra dan putri daerah Banyuwangi,diharapkan supaya membawa nama baik banyuwangi,serta sampaikan program Banyuwangi yang baik. Semakin maju dan berkembang dalam segala bidang terutama bidang pendidikan”tegasnya.

Beasiswa Program Banyuwangi Cerdas merupakan program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan akses pendidikan bagi lulusan SLTA ke jenjang Pendidikan Tinggi bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai namun terkendala kemapuan ekonominya. kerjasama Banyuwangi dengan Universitas Jember,untuk jurusan sifat nya,umum, bisa jurusan Hukum juga Tehktik tergantung calon mahasiswa.program Banyuwangi Cerdas berupaya untuk mengangkat anak-anak yang tidak mampu namun memiliki potensi akademik memadai,untuk seleksi sendiri nantinya akan di uji oleh pakar dibidangnya masing-masing.

Dinas Pendidikan Banyuwangi hanya mempasilitasi,bagi anak-anak yang cerdas namun ekonominya lemah, langkah yang kami lakukan, pengecekan ke semua keluarga calon mahasiswa dan mahasiswi yang di nyatakan lulus, apa benar tidak mampu, kalau kedapatan mampu dari segi ekonomi maka tidak mendapatkan biaya siswa alias biaya sendiri. Tetapi bagi mereka yang betul tidak mampu akan di biayai oleh pemerintah Banyuwangi dalam hal ini yakni program Banyuwangi cerdas, imbuhnya.

Selain Universitas Jember pemerintah Banyuwangi juga bekerja sama dengan Univesitas ilmu agama islam negri (IAIN).Programnya sama yaitu Banyuwangi cerdas. Untuk IAIN ini di peruntukan calon maha siswa yang ingin mendalami ilmu agama islam,nantinya juga dibiayai sampai lulus. Setelah lulus dari perguruan tinggi para mahasiswa yang di biayai pemerintah daerah tersebut akan di perbantukan ke sejumlah sekolah-sekolah terpencil yang ada di Banyuwangi selama satu tahun.

Diharapkan mahasiswa dan mahasiswi Banyuwangi,berhati-hati dalam bergaul,supaya tidak mudah terpengaruh dengan pergaulan bebas yang mengarah ke Hal-hal yang negatif yang sifatnya merugikan diri sendir maupun pemerintah daerah yang memberikan program biaya siswa,Banyuwangi cerdas. pungkasnya.(gofur/made)

post-top-smn

Baca berita terkait