Thursday, 22 October 2020

LSM AWPM Pertanyakan Sistem Penyaluran Dana PMTAS di Kantor BPPKB Pamekasan

post-top-smn
Foto Peserta Audensi di Kantor BPPKB Pamekasan

Foto Peserta Audensi di Kantor BPPKB Pamekasan

Pamekasan, SMN – Kamis pagi 30/03/2017, Sejumlah Aktivis yang tergabung LSM Aliansi Warga Pantura Madura mendatangi Kantor Badan Perlindungan Perempuan dan Anak Keluarga Berencana BPPKB Kabupaten Pamekasan Madura, pertanyakan sistem penyaluran dana Pemberian Makanan Tambahan pada Siswa PMTAS. Imam Syafi’i Koordinator LSM AWPM, menyatakan bahwa sistem penyaluran PMTAS di Kabupaten Pamekasan ini tidak jelas, terutama pihak rekanan. Sehingga tidak merata dan tidak tepat sasaran, banyak hal yang terjadi. Misalnya pada tahun 2016 kemarin penyaluran tersebut hanya fokus di daerah Pademawu Pamekasan saja. Sementara daerah lainnya tidak tersentuh. Misalnya di daerah utara Pamekasan, di sana masih banyak sekolah-sekolah yang masih masuk pada kategori sekolah terpencil. Jangan sepihak atau berdasarkan kehendak semata. Penyaluran harus sesuai dengan kondisi lapangan, kata Imam.

Anggaran PMTAS tahun anggaran 2016 kemarin mencapai kurang lebih 200 juta.

Pokoknya kami akan kawal mas, hingga penyaluran PMTAS ini tepat sasaran pada sekolah dan siswa yang bersangkuta. Sekarang rawan penyalahgunaan dan penyelewengan. Kita selaku masyarakat yang fokus pada social control di lapangan terkait anggaran pemerintah dan kegiatan-kegiatan lainnya, dan kami mitra kerja pemerintah untuk saling mengevaluasi kinerja pemerintahan.

Mengacu pada simulasi pemberian dana untuk gisi anak tersebut harus sesuai dengan kondisi di lokasi, untuk terlaksananya kebutuhan konsumsi yang baik pada pertumhuhan anak didik. Yakni asupan gisi yang cukup.

Wartawan Suara Media Nasional saat konfirmasi pada pihak Kabid PPA yang membidangi kegiatan tersebut, Bpk. Abrori Rois di ruangannya, ia menjelaskan bahwa pihaknya dalam melaksanakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pendidikan yang kemudian disdik mengajukan berdasarkan usulan UPTD Dinas Pendidikan Cabang di kecamatan-kecamatan di Pamekasan. Kegiatan ini juga disalurkan pada seklolah-sekolah, yang tiap-tiap kecamatan ada 5 Sekolah Dasar SD, dan tiap-tiap sekolah yang mendapatkan 50 siawa, namun rencana ke depan kami berusaha tiap sekolah ada 100 siswa yang dapat, biar pemberian ini merata.

Sayangnya Kepala BPPKB Pamekasan tidak bisa ditemui, karena ada kegiatan Rapat Koordinasi. Shingga Peserta Audensi tersebut hanya bisa ditemui Sekretaris dan Kabid PPA. (Hen/Rosidi)

post-top-smn

Baca berita terkait