Friday, 23 October 2020

Longsor, Jalan ke Arah Sumber Kletekan Tertutup

post-top-smn
Warga membersihkan tanah longsor   di Kletekan

Warga membersihkan tanah longsor di Kletekan

Ngawi, SMN – Akibat hujan yang turun terus-menerus beberapa hari ini, longsor terjadi di Desa Kletekan Kecamatan Jogorogo. Walaupun arah longsoran tidak menimpa rumah dan permukiman warga namun sampai kemarin, gotong royong untuk membersihkan tanah yang longsor tetap dilakukan warga. “Masalahnya arah ke sumber air Kletekan, arah ke sumber jadi tertutup,” kata Nanang, salah sau warga.

Longsor yang terjadi pada Minggu pagi itu setelah Sabtu malam Ngawi diguyur hujan terus menerus. Daerah yang berada di lereng Gunung Lawu, seperti Sine, Jogorogo, Kendal, dan Ngrambe memang rawan dengan tanah longsor. Apalagi, kerusakan alam seperti kebakaran hutan dan gundulnya pepohonan di tanah leih atas, juga memicu longsor semain sering terjadi.

Di Kletekan sendiri terdapat sumber air bersih yang juga menjadi salah satu andalan bagi PDAM Ngawi. Para petani juga banyak yang bergantung pada keberadaan sumber air ini sehingga mereka pun mengaku sangat terganggu ketika akses jalan masuk ke arah Kletekan tertutup longsoran tanah.

Gotong royong yang dilakukan warga ini lebih banyak difokuskan di arah jalan ke sumber antara Kletekan-Umbulharjo. Mereka membersihkan dahan dan kayu pohon yang ikut longor bersama tanah berlumpur yang menutup jalan. Mereka juga berharap longsor tak akan menimpa desa yang bersuasana sejuk tersebut. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait