Tuesday, 27 October 2020

Limbah Pabrik Haruskah Diperbolehkan Dibuang Ke Laut?

post-top-smn
Armada Truk Pengiriman PT. BCI

Armada Truk Pengiriman PT. BCI

Banyuwangi, SMN – Pembuangan limbah hasil dari sisa produksi yang dilakukan oleh pabrik pengalengan ikan oleh PT. Banyuwangi Cannery Indonesia (BCI) dinilai Satuan Kerja (Satker) Pengawasan Sumberdaya Kelautan Perikanan yang berkantor di Pelabuhan Muncar, Banyuwangi masih diperbolehkan dibuang ke laut asal tidak berdampak pada ekosistem perairan laut.

Hasil konfirmasi wartawan SMN ketika menemui Kepala Satuan Kerja (Ka.Satker) Pengawasan Sumberdaya Kelautan Perikanan, I Gede Arya Susanjaya mengatakan, setiap perusahaan wajib untuk memiliki ipal sehingga limbah yang dibuang nantinya tidak berdampak pada lingkungan yang dialiri. Dan, sebelum perusahaan itu berdiri hal yang utama yang dipersiapkan terlebih dulu mengenai pengelolaan limbahnya.

Menurutnya, sesuai dengan arahan dari pusat pihaknya telah melakukan kegiatan secara rutin sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada. Terkait, mengenai pencemaran limbah merupakan kewenangan dari Lingkungan Hidup (LH).

“Bilamana ada indikasi pencemaran di perairan kita akan bersama – sama dengan Lingkungan Hidup (LH) untuk melakukan uji laboratorium agar bisa mengetahui seberapa jauh bisa berdampak pada perairan. Mengenai sangsi bagi perusahaan yang melanggar kita kurang tahu siapa yang mempunyai kewenangan untuk menindaknya,” Terangnya.

Selain itu, setiap perusahan sebulan sekali wajib untuk memberitahukan tes hasil uji labnya. Hal itu bertujuan untuk mengetahui perkembangan berdampak atau tidaknya bilamana limbah cair itu dibuang ke laut. Dilihat dari hasil uji laboratorium perbulan April lalu dari hasil analisis Laboratorium Lingkungan Hidup (LH) Banyuwangi masih memenuhi standar baku mutu.

“Pembuangan limbah pabrik di perairan laut masih diperbolehkan asalkan limbah cair itu memenuhi baku mutu dan tidak mengakibatkan pencemaran dan kita dalam waktu dekat akan tinjau lokasi itu,”Ujarnya singkat.

Hingga berita ini diturunkan pengelolaan pabrik PT. BCI Ketapang, Banyuwangi masih tetap melakukan produksi dan membuang limbahnya melewati gorong – gorong bawah tanah dengan cara melakukan borring dibawah jalan aspal Nasional dibuang langsung ke perairan laut.(Edhi)

post-top-smn

Baca berita terkait