Tuesday, 27 October 2020

Libur Nasional Pilkada, Tarif Normal Berlaku Bagi KA Di Daop 9 Jember

post-top-smn
Stasiun Jember

Stasiun Jember

Jember, SMN – Okupansi kereta api menjelang libur nasional pada hari Rabu (15/2) besuk itu mengacu KepPres No. 3 Tahun 2017 tentang Hari Libur nasional terkait Pilkada serentak, tarif masih berlaku normal di berbagai daerah daops 9 Jember.

Hal itu disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember, Lukman Arif kepada sejumlah media, saat ditemui sejumlah awak media kemarin siang.

“Perjalanan 7 kereta api keberangkatan Daop 9 Jember pada hari selasa (14/2) ini  sampai kamis (16/2) rata – rata baru terjual sekitar 40 persen saja,” katanya kepada wartawan.

Meskipun ditetapkan sebagai hari libur, kata Lukman harga tiket 3 KA kelas komersial di Daop 9, yaitu Mutiara timur siang, mutiara timur malam dan Ranggajati tidak mengalami kenaikan atau diterapkan tarif batas bawah.

“Masyarakat yang dari Banyuwangi atau Jember yang ingin bepergian pada libur pada tanggal 15 Februari besuk untuk segera memesan tiket baik di Stasiun ataupun berbagai Chanel eksternal,” bebernya.

Lukman mengatakan bahwa hal itu dilakukan agar para penumpang tidak kehabisan tiketnya tersebut.

“Meskipun ditetapkan oleh Pemerintah sebagai hari libur, operasional kereta api pada hari rabu (15/2) akan berjalan seperti biasanya,” lanjutnya.

Di Daop 9 Jember, diterangkan Lukman setiap harinya ada 7 kali keberangkatan KA Jarak Jauh, seperti KA Mutiara timur siang, relasi Banyuwangi – Surabaya.

“Selain itu ada juga KA Mutiara timur malam, relasi Banyuwangi – Surabaya, dan KA Sri tanjung, relasi Banyuwangi – Lempuyangan,” ujarnya.

Selain KA tersebut, menurut Lukman ada juga KA yang berangkat dari stasiun Jember seperti KA Probowangi, relasi Banyuwangi – Surabaya.

“Untuk KA Tawang alun, relasi Banyuwangi – Malang dan KA Logawa, relasi Jember – Purwokerto. KA Rangga jati, relasi Jember – Cirebon,” tambahnya.

Sedangkan untuk KA lokal, di Daop 9 Jember dijelaskan Lukman ada 4 kali perjalanan, yaitu KA lokal  Pandan wangi relasi Jember – Banyuwangi PP.

“Untuk jumlah tempat duduk pada KA jarak jauh, setiap hari tersedia 3.750 dan untuk KA lokal 2.824. Total 6.574 tempat duduk,” pungkasnya. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait