Saturday, 5 December 2020

Larung Sesaji, Wujud Syukur Kepada Illahi

post-top-smn
Bupati Blitar, H.Rijanto menghadiri acara Larung Sesaji di Pantai Serang

Bupati Blitar, H.Rijanto menghadiri acara Larung Sesaji di Pantai Serang

Kab Blitar, SMN – Larung sesaji merupakan satu diantara aset budaya di Kabupaten Blitar yang harus tetap lestari yang juga sebagai genda tahunan masyarakat Kabupaten Blitar. Tujuan dari kegiatan ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan YME, karena telah melimpahkan rejeki kepada masyarakat. Harapannya, rejeki berupa kesehatan, panen yang melimpah kedepannya jauh lebih baik. Hal ini mengemuka dalam pembukaan acara Larung Sesaji di Pantai Serang, Minggu (2/10).

Bupati Blitar, H.Rijanto dalam sambutannya mengungkapkan, larung sesaji sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Kabupaten Blitar. Selain sebagai wujud syukur juga sarana promosi wisata di kabupaten dengan sebutan Seribu Candi ini. Pantai Serang merupakan salah satu potensi wisata alam di Kabupaten Blitar yang masih terjaga keindahannya. Di lokasi ini setiap tahun juga digunakan untuk kegiatan rukyatul hilal. Harapannya dengan dibangunnya Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sekarang ini berubah nama menjadi jalur Pansela segera terbangun. Sehingga tingkat perekonomian masyarakat kawasan Blitar selatan meningkat.

Dihadapan undangan yang hadir diantaranya Wakil Bupati Blitar, Marhaenis, beberapa anggota Forpimda, Kepala SKPD dan Muspika Kecamatan Panggungrejo, orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menjelaskan, rangkaian kegiatan Larung Sesaji diantarnya digelarnya Festival layang-layang se-Jawa Timur, music Jazz, juga patung pasir tingkat SLTA se-Kabupaten Blitar, juga bazaar produk unggulan Kabupaten Blitar. Dengan kegiatan ini diharapkan, kunjungan wisatawan di pantai ini meningkat. Kegiatan yang diselenggarakan oleh kaum muda di Kabupaten Blitar ini juga turut mendukung Gerakan Ayo Bela dan Beli Produk Kabupaten Blitar. Untuk itu, Bupati Blitar mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung gerakan ini, agar masyarakat Kabupaten Blitar ynag sejahtera, maju dan berdaya saing cepat terwujud.

Prosesi Larung Sesaji

Prosesi Larung Sesaji

Ditempat yang sama, Kepala Desa Serang, Dwi Handoko menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar dan semua pihak yang turut mensukseskan kegiatan ini. Harapannya, Pantai Serang semakin dikenal oleh masyarakat luas. Jika kunjungan ke pantai ini meningkat, otomatis perekonomian masyarakat Desa Serang khususnya yang mempunyai usaha di kawasan pantai juga turut meningkat.

Seperti diketahui, larung sesaji berupa hasil panen bumi dilarung ketengah laut sekitar pukul 10.30 WIB. Bupati Blitar dan rombongan menyaksikan acara larungan dari tepi pantai bersama masyarakat yang tampak antusias. Dalam kegiatan tersebut, juga diwarnai tari dan jaranan dari masyarakat Desa Serang Kecamatan Panggungrejo. (hms/adv/mam)

post-top-smn

Baca berita terkait