Thursday, 29 October 2020

KPU Ngawi Buka Rumah Pintar Pemilu

post-top-smn
Bupati Budi Sulistyono alias Kanang   saat meresmikan RPP Radjiman Wedyodningrat yang didirikan KPU Ngawi

Bupati Budi Sulistyono alias Kanang saat meresmikan RPP Radjiman Wedyodningrat yang didirikan KPU Ngawi

Ngawi, SMN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngawi tak mau kalah dari daerah lain. KPU Ngawi membuka Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang diberi nama RPP DR. Radjiman Wedyodiningrat. Peluncuran RPP ini dilakukan di KPU Ngawi, Rabu (12/4) kemarin. “Adanya RPP ini semoga menjadi rumah pembelajaran bagi semua pihak agar makin dewasa berpolitik dan mengerti pola-pola Pemilu yang  dipakai KPU,” ungkap Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni.

Peluncuran RPP Radjiman Wedyodinigrat juga dihadiri Choirul Anam dari KPU Provinsi Jatim, Bupati Ngawi Ir Budi Sulistyono, forum pimpinan daerah, perwakilan partai-partai politik dan undangan dari KPU kabupaten sekitar (Ponorogo, Magetan, Pacitan).

Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau acap disapa Kanang, menyambut gembira dengan adanya RPP Radjiman Wedyodiningrat yang diletakkkan di gedung bagian belakang Kantor KPU Ngawi ini.  Dia berharap rumah pintar pemilu itu dapat membuat masyarakat makin aktif berpartisipasi dalam menyalurkan pilihan saat pemilu. Selain itu bisa menjadi “sekolah” Pemilu bagi masyarakat Ngawi termasuk kader-kader partai politik. “Semoga membawa manfaat yang besar dalam membangun kesadaran berpolitik bagi masyarakat,” ujarnya.

Bupati Ngawi ini juga memuji kinerja KPU Ngawi yang sudah beberapa kali menjadi penyelenggara KPU dan pelaksanaan di daerah ini selalu lancar dan damai. Perselisihan Pemilu baik dalam pilihan kepala daerah (Pilkada), Pilihan anggota legislatif (pileg) maupun pilihan presiden selama ini berlangsung lancar. Secara tersirat, Kanang juga menyebut kebutuhan KPU yang sekarang sedang dimintakan fasilitas ke Pemkab Ngawi yakni gudang.

“Kita harapkan segera selesai, dan dalam pilihan gubernur Jatim yang berlangsung tahun depan, Ngawi juga aman dan damai,” katanya.

Choirul Anam, anggota KPU Ngawi menyatakan, RPP merupakan salah satu terobosan yang dibuat KPU dalam upaya mencerdaskan pemilih. Karena itu RPP dapat pula membuka kelas untuk tempat belajar bagi calon caleg, pemilih pemula dan pihak-pihak lainnya. Dia juga memuji KPU Ngawi yang pada pilkada lalu mampu mencatat angka partisipasi pemilih 75 persen, sesuai target nasional. “Adanya RPP kami harap dapat memberikan pencerahan karena ada saja caleg yang justru tidak mengetahui perhitungan nilai sebuah kursi, apa itu bilangan pembagi pemiih dan sebagainya,” ungkap Choirul Anam.

Peluncuran RPP ini ditandai pula dengan penandatanganan oleh KPU Jatim serta pengguntingan pita peresmian oleh Bupati Ngawi. Selanjutnya, bupati dan segenap rombongan berkeliling di dalam RPP. Rumah Pintar Pemilu ini diantaranya menyajikan foto dan artikel tentang sejarah penyelenggaraan Pemilu di Indonesia, ruang simulasi serta pola-pola Pemilu yang digunakan. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait