Tuesday, 15 June 2021

KPU Kota Kediri Lakukan Sosialisasi Pendidikan Politik

post-top-smn

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofik  saat sosialisasi pendidikan Politik

Kediri, SMN –  Untuk menyukseskan Pilkada serentak Kota Kediri tahun 2018, KPU Kota Kediri bekerja sama dengan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Kediri memberikan sosialisasi pendidikan politik pada pemilih pemula.

Acara sosialisasi ini dilaksanakan, Rabu (21/3) bertempat di Aula Kelurahan Banjaran Kota Kediri. Acara dihadiri oleh Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq dan perwakilan/ketua Kesbangpol Kota Kediri, dan sebagai peserta dihadiri oleh ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kota Kediri.

Agus Rofiq, Ketua KPU Kota Kediri memberikan materi berkaitan dengan hal-hal berkaitan dengan mekanisme dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri, serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, seperti syarat-syarat pemilih, daftar pemilih tetap, kampanye pasangan calon, pemungutan dan penghitungan suara, dan mengenai politik uang.

Terkait dengan politik uang, Agus Rofiq mengatakan disinyalir pemilu-pemilu sebelumnya, pemilih memilih bukan karena orangnya melainkan dari apa yang mereka terima.

“Ini kalo diteruskan, lama-lama bisa menimbulkan bahaya. Nanti pada saat calon Walikota dan Wakil Walikota tidak terpilih akan kehabisan harta benda, dan untuk yang terpilih menjadi tidak ingat dengan siapa-siapa,”jelas Agus Rofiq.

Agus Rofiq menambahkan bahwa pemberi dan penerima terkait politik uang bisa terkena sanksi pidana. Sanksi berupa hukuman kurungan penjara 2 sampai 6 tahun, dan ganti rugi uang sebanyak 200 juta sampai dengan 1 Milyar.

Diakhir acara Agus Rofiq memperkenalkan pasangan calon untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri, serta pasangan calon pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Untuk Pilwali Kota Kediri ada 3 pasangan, pasangan urut 1, Aizzudin dan Sudjono Teguh Widjaya, pasangan urut 2, Abdullah Abu Bakar dan Lilik Muhibah, dan pasangan urut 3, Samsul Ashar dan Teguh Juniadi. Sedangkan untuk Pilgub Jatim, pasangan urut 1, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto, dan pasangan urut 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno

“Kenali orangnya, kenali visi misinya untuk pemilih pemimpin kita untuk lima tahun kedepan,”tandas Agus Rofiq mengakhiri materinya.(adv/bd)

post-top-smn

Baca berita terkait