Friday, 7 May 2021

KPU Kabupaten Ngawi Terima 493 Berkas Bacaleg

post-top-smn

Suasana penyerahan berkas bacaleg di KPU Ngawi.

Ngawi, SMN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi menerima ratusan berkas bacaleg dari 16 parpol yang ada di wilayah itu. “Jumlah bacaleg terendah diajukan oleh PKPI yakni dua orang bacaleg,” kata Syamsul Wathoni, Ketua KPU Ngawi.

Toni, sapaan akrabnya, menyatakan, berkas bacaleg ditunggu masuk ke KPU sampai batas deadline yakni tanggal 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB.

Berkas bacaleg itu selanjutnya akan diverifikasi sebelum masuk dalam pengumuman Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS).

Kesulitan partai politik dalam mengisi daftar bacaleg mereka tampaknya bukan isapan jempol. Ini bisa dilihat bahwa hanya 5 partai politik saja yang memenuhi kuota kursi yang tersedia di DPRD sebanyak 45 orang. PDIP, Gerindra, Demokrat, Nasdem dan Golkar adalah partai yang mengajukan daftar bacaleg maksimal yakni berjumlah 45 orang. Sementara parpol yang mendaftarkan caleg dengan jumlah paling  sedikit adalah PKPI (2 bacaleg) dan Partai Garuda (3 orang bacaleg).

Beberapa partai politik di Ngawi, mengaku merasa lega sudah menyerahkan berkas bacaleg ke KPU. Apalagi dengan persyaratan sekarang yang jauh lebih banyak dibanding Pemilu lalu. “Kami lega sudah menyelesaikan penyerahan berkas bacaleg dan masih ada masa perbaikan sebelum diumumkan dalam DCS,” ungkap Aswan Hadi Najamuddin, Ketua DPC Gerindra Ngawi.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Ngawi, Dimas Alfinoor  Rahmadi, mengaku mencarinya bacaleg saat ini bukanlah hal yang mudah. PPP yang merupakan partai lawas, hanya mendapatkan 26 bacaleg yang diajukan  ke KPU. “Tapi kami tetap optimis, targetnya tiap daerah pemilihan bisa mendapatkan kursi,” ujar Dimas. (ari)

 

post-top-smn

Baca berita terkait