Wednesday, 28 October 2020

Kopi Luwak Original Licin Bercitarasa Tinggi

post-top-smn
Tempat Penangkaran Kopi Luwak Pak Bondan di Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Tempat Penangkaran Kopi Luwak Pak Bondan di Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Banyuwangi, SMN – Kopi luwak original licin merupakan sebuah tempat eksperimen atau uji coba penangkaran untuk pembuatan kopi luwak secara tradisional yang dilakukan oleh warga. Salahsatunya, milik pak Hanakik atau dikenal dengan panggilan Pak Bondan.

Mengenai, jenis kopi yang sudah dikenal dengan jumlah yang relatif terbatas. Kopi luwak yang diproduksinya memiliki harga yang standar bila dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Selain memiliki aroma yang khas, serta rasa yang berbeda sehingga secara tidak langsung bisa membuat pecinta kopi tergoda untuk merasakan kopi yang satu ini.

Seorang mantan pegawai perkebunan Lidjen yang sudah tidak asing lagi, pak Bondan sudah beberapa tahun ini sudah mempersiapkan penangkaran luwak sebagai tempat produksi dan re-produksi kopi dikediamannya. Dengan bermodalkan sebanyak 4 (empat) buah binatang luwak peliharaannya, kedepan ia akan membuat sebuah kedai kopi luwak yang original sekaligus bisa melihat tempat proses penangkaran luwak miliknya.

“Sudah seringkali sejumlah wisatawan mancanegara “Wisman” ataupun lokal datang ketempat penangkaran untuk melihat – lihat tempat penangkaran dan lahan kebun kopi. Berawal dari itu baru muncul ide akan membuat kedai kopi dengan harga terjangkau, agar tamu yang datang bisa menikmati secara langsung kopi luwak original yang diproduksi setiap hari ini,” Ungkapnya.

Menurutnya, persiapan untuk tempat kedai sudah dibangun secara sederhana dan bisa menampung sedikitnya maksimal 50 orang. Mengenai persiapan hasil produksi kopi luwak sudah dikumpulkannya setiap harinya rata – rata 1 kg.

Selain itu, biji kopi dari sisa kotoran binatang luwak yang memakan biji kopi pada kenyataannya lain dari kopi umumnya. Ternyata, kopi yang dihasilkan dari kotoran luwak lebih nikmat dari kopi olahan. Untuk jenis kopi diantaranya, jenis arabica, robusta, buria atau selsi tersedia dikebunnya. Sehingga, tidak akan sulit untuk mencari bahan baku untuk memproduksi kopi menjadi kopi luwak.(Edhi)

post-top-smn

Baca berita terkait