Sunday, 24 January 2021

Koperasi Mingguan Jerat Masyarakat Kecil

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Wonogiri, SMN – Banyaknya Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang beroperasi diwilayah Wonogiri bukannya membantu pada masyarakat yang membutuhkan pinjaman tetapi justru membuat masyarakat yang pinjam terperosok ke jurang kemiskinan yang dalam lantaran terbelit dengan tumpukan hutang.

Salah seorang warga Sambirejo Wonokerto Sri (45) mengalami terbelit hutang yang menumpuk dikoperasi yang angsurannya setiap minggu, ia terbelit hutang koperasi mingguan tidak hanya satu Koperasi namun ada beberapa Koperasi yang semuanya berjarak satu mingguan untuk pembayaran angsuran.

Menurut Tri Wahono suaminya Sri jika ditotal piutang istrinya hampir sekitar 40 juta dan perminggu yang mesti angsur sekitar 2,5 juta dari beberapa Koperasi yang dipinjami dari mana uang sebesar itu sedangkan saya kerja diproyek bangunan, keluh Bagong nama bekennya Tri Wahono

Sementara oknum Karyawan Koperasi yang menagih kerumah Sri asal datang, pada waktu malam petugas tagih juga ada yang datang sedangkan waktu sudah lewat jam 10 malam.

Warga juga merasa terganggu adanya penagihan petugas koperasi yang lewat jam malam, sedangkan malam hari semestinya bukan waktu menagih kepada nasabah yang punya pinjaman. Warga juga berharap banyaknya koperasi mingguan yang beroperasi dikampung – kampung untuk menjaring nasabah dari pihak Pemerintah ada tindakan agar masyarakat kecil tidak terjebak koperasi mingguan. (H74)

post-top-smn

Baca berita terkait