Saturday, 8 May 2021

Kompetisi Gala Siswa Meriahkan Gebyar Hardiknas Kota Malang

post-top-smn

Dari kanan kepala dinas pendidikan kota malang Dra. Zubaidah, sekretaris, menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhajir effendy, dan rombongan dari kementerian pendidikan saat mengikuti acara puncak hardiknas di smp asifa kota malang.

Malang, SMN – Meperingati hari pendidikan nasional, dinas pendidikan kota malang telah melaksanakan serangkaian kegiatan mulai dari upacara bendera yang dilaksanakan di kantor balai kota malang dan puncaknya pada sabtu (12/5) di SMP Asifa kota malang.

Puncak kegiatan hari pendidikan nasional (Hardiknas) yang dilaksanakan di smp Asifa kota malang dihadiri oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Effendy, menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, wakil ketua DPR – RI, wakil ketua MPR – RI, kepala dinas pendidikan propinsi Jawa Timur, pewakilan PSSI, kepala dinas pendidikan kota malang Dra. Zubaidah MM. Kepala sekolah SD – SMP dan siswa siswi se – kota Malang.

Kepala dinas pendidikan kota malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Hardiknas merupakan rutinitas yang dilaksanakan tiap tahun, pada tahun ini diawali dengan beberapa kegiatan antara lain yang pertama adalah melaksanakan upacara bendera di balai kota malang dengan semua petugas dari lingkungan pendidikan kota malang dan alhamdulillah berjalan lancar. Berikutnya beberapa lomba dan pentas seni yang akan diselenggarakan pada hari ini dengan peserta dari semua perwakilan pendidikan anak usia dini (PAUD), SD, SMP, SMA dan SMK se kota malang. Karena di hari pendidikan ini milik kita bersama, kita tetap bersama – sama meskipun secara administrasi dinas pendidikan kita hanya sampai SMP, tetapi dalam melaksanakan kegiatan tertentu kita tetap bersama. “terang Zubaidah”.

Rangkaian kegiatan Hardiknas juga menggelar berbagai lomba yang berkaitan dengan siswa, guru dan tenaga kependidikan, pada hari ini dilaksanakan lomba gala siswa. Mengenai sistem dan aturannya sudah diatur oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan yakni perwakilan dari masing masing kecamatan.

Mengingat jumlah SMP di tiap kecamatan tidak merata maka diambil kebijakan dengan cara akan ditandingkan antar sekolah setelah itu yang terbaik bisa maju mewakili kota. Sedangkan Aji Santoso International Foot Ball Academy (ASIFA) adalah lembaga formal tetapi mempunyai kekhususan melatih anak didiknya yaitu dibidang sepak bola maka Asifa sendiri yang mewakili dalam satu kacamatan. Tetapi untuk maju ketingkat propinsi adalah gabungan antara sekolah – sekolah terbaik dan asifa. Dan semoga nati bisa bisa maju sampai tingkat nasional.

Dalam kegiatan ini dinas pendidikan kota malang juga memberikan penghargaan kepada siswa -siswi, guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi di tingkat Kota, Propinsi, Nasional dan internasional. Dalam kurun waktu satu tahun dinas pendidikan memberikan tambahan penghargaan sebanyak dua kali. Yang pertama penghargaan diberikan pada saat hari pendidikan nasional ini prestasi yang diperoleh mulai bulan november sampai bulann maret. Sedangkan penghargaan yang ke dua diberikan pada saat Hari Guru, prestasi yang diperoleh mulai bulan april sampai bulan oktober.

Dalam hal ini sudah kita pecah menjadi dua sesi, dan Alhamdulillah dalam kurun waktu 1tahun ajaran 2017 -2018 kita telah memperoleh prestasi sebanyak 157 tingkat Kota, Propinsi, Nasional, dan Internasional, baik siswa, guru maupun tenaga kependidikan, semoga kedepan nanti akan bertambah lagi, “harapnya”.

Sementara itu, menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Muhajir effendy mengaku senang bisa bersama sama dengan seluruh siswa dan bangga atas prestasi yang telah diraih dinas pendidikan kota malang. Tahun ini banyak prestasi yang telah diraih dan itu suatu hal yang luar biasa. Muahajir sapaan akrabnya juga salut dan bangga dengan kinerja pemerintah kota malang yang sangat serius menangani masalah pendidikan terutama kepada kepala dinas pendidikan kota malang yang sangat responsif terhadap berbagai macam kebijakan pembaharuan yang dilakukan kementerian pendidikan dan kebudayaan RI.

Dalam kunjungan kerjanya sekaligus pulang kampung, Muhajir bersama menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Puan Maharani menyaksikan sekaligus membuka laga final gala siswa tingkat Kota. Semoga tim kota malang bisa terus melenggang sampai tingkat nasional dan bisa mewakili tim Jawa Timur. Ini merupakan tahun pertama kita melaksanakan gala siswa tingkat smp dan ini akan terus tingkatkan untuk kedepan agar bisa menjadi tempat untuk berlatih dan pembibitan disektor sepak bola sejak dini. Untuk itu panitia sudah mempersiapkan langkah langkah dalam mencari bibit bibit unggul dengan mendatangkan tim pencari bakat, hadir dalam gelaran ini adalah tim PSSI dan KONI.

Untuk gelaran gala siswa ini merupakan tanggung jawab dari direktur pembinaan SMP Kementerian pendidikan RI untuk melaksanakan kompetensi liga sepak bola siswa nasional,”ungkap Mujair”. Dalam laga final gala siswa tingkat Kota dari kementerian pendidikan memberikan hadiah uang pembinaan plus tropi. Untuk juara pertama sebesar Rp. 10.000.000, juara ke dua Rp. 7.500.000, juara ke tiga Rp. 5.000.000 dan juara ke empat Rp. 2.500.000. Dan untuk ditingkat kecamatan juara satu dan dua masing masing akan mendapatkan uang pembinaan sebersar Rp. 1.000.000.

Senada dengan pernyataan dari menteri pendidikan, Puan juga berharap tim dari kota malang bisa melaju sampai tingkat nasional mewakili jawa timur. Di laga final gala siswa tingkat Kota Malang yang saat ini sedang berlangsung, Ia berpesan agar siswa yang mengikuti gelaran ini bisa bermain dengan baik serta menjunjung sportifitas dan yang kalah tetap harus meningkatkan prestasinya sehingga ditahun tahun mendatang bisa menjadi juara.

Pada kesempatan ini, Puan Maharani juga memberikan penghargaan kepada para juara mulai dari juara satu sampai juara empat. Untuk juara satu mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 15.000.000. Juara dua Rp. 10.000.000. Juara tiga dan empat masing masing Rp. 5.000.000. Dan berharap uang tersebut bisa dipergunakan untuk anak anak dalam pembinaan olah raga sepak bola gala siswa kedepan. (Jun/ADV)

post-top-smn

Baca berita terkait