Monday, 26 October 2020

Komisi I DPRD Kaltara Segera Evaluasi Kesiapan Calon DOB Krayan

post-top-smn
Norhayati Andris, Ketua Komisi I DPRD Kaltara

Norhayati Andris, Ketua Komisi I DPRD Kaltara

Tanjung Selor, SMN – Kalau tidak ada aral Pada tanggal 7 Maret 2017 mendatang, Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Utara akan bertolak menuju Kecamatan Krayan guna mengevaluasi kesiapan Krayan sebagai calon Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kaltara.

Kegiatan Komisi I ini juga merupakan tidaklanjut dari surat Biro Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara yang dikirim kedewan. Yang meminta agar persoalan usulan Kecamatan Krayan bisa segera di Paripurnakan oleh DPRD. Mengingat hasil Paripurna tersebut nantinya akan dibawa ke Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia dan DPR RI di Jakarta.

“Rekomendasi yang diterbitkan oleh dewan itu nantinya digunakan sebagai data pendukung untuk memuluskan Kecamatan Krayan sebagai DOB baru di Kaltara, “ kata Norhayati Andris, Ketua Komisi I DPRD Kaltara saat ditemui dikantornya, Rabu 1/3/2017.

Seharusnya kata Norhayati, pihaknya akan bertolak ke Krayan pada tanggal 3 Maret 2017 nanti, namun karena padatnya kegiatan DPRD melaksanakan rapat Paripurna untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran dewan kepada pemerintah sesuai hasil Reses yang sudah dilaksanakan,  maka keberangkatan diundur menjadi tanggal 7 Maret 2017. Dimana hasil pokok=pokok pikiran dewan tersebut akan dimasukan pada proses penyusunan anggaran perubahan 2017 mendatang.

“Rencananya juga pada tanggal 7 Maret 2017, Komisi I akan berkomunikasi langsung dengan Tomy Harun selaku ketua Presidium Percepatan Pembentukan Krayan sebagai Daerah Otonomi Baru, “ kata Norhayati.

Termasuk nantinya akan mendengar aspirasi dari tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Apa dan bagaimana aspirasi dan harapan mereka terhadap percepatan  pembentukan Krayan sebagai DOB baru di Kalimantan Utara itu.

“Selama ini para tokoh tersebut sangat mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan Komisi I kedaerah mereka, “ ujarnya.

Selanjutnya sepulang dari Krayan, maka pada tanggal 13 Maret 2017 hasil evalusi akan segera di Paripurnakan, dengan harapan para tokoh dan Presidium dapat menghadiri langsung acara itu. Mengingat pada acara Paripurna tersebut sangat memiliki nilai historis yang sangat tinggi dan sakral bila DOB Krayan benar-benar bisa segera diwujudkan.

“Dalam hal ini saya juga sudah meminta kepada unsure pimpinan dewan dan Badan Musyawarah (Bamus) untuk segera diagendakan, “ kata Norhayati.

Seperti yang sudah dilakukan, sesuai pengalaman yang pernah terhadap calon DOB Kabupaten Bumi Daya Perbatasan (Kabudaya), yang mana hasil Paripurna tersebut langsung disampaikan ke DPR RI. Tentunya penyampaian itu juga dengan terlebih dahulu melihat agenda Komisi yang membidangi hal itu di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia apakah mereka punya agenda padat atau tidak.

Dibagian lain, khusus untuk DOB Kota Tanjung Selor, sebenarnya harapan dewan agar bisa bersama-sama di Paripurna kan bersama-sama dengan DOB Krayan. Hanya saja untuk DOB Tanjung Selor sepertinya masih belum siap,  data dan dokumen pendukung sesuai informasi dari Biro Pemerintahan belum disampaikan kepada Gubernur Kalimantan Utara.

“Rencana nya untuk DOB Kota Tanjung Selor dokumen nya nanti akan diserahkan sendiri oleh Bupati Bulungan kepada Gubernur, “ pukas Norhayati.

Selain menyerap aspirasi warga Krayan, pihaknya juga akan langsung mengevaluasi hasil pembangunan infrastruktur yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah pada tahun anggaran 2016 lalu. Mengingat jadwal tersebut sudah menjadi agenda rutin DPRD untuk melaksanakan monitoring setiap hasil pembangun didaerah.(al/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait