Saturday, 28 March 2020

Ketua Umum Koperasi Multidaya Nusantara Tiga Datang ke Kab. Buru Selatan Maluku, Semata Untuk Meninjau Potensi Sumber Daya Alam Daerah, Bukan Sebagai Bentuk Donatur Politik

post-top-smn

Cibinong,  SMN – Sumber Daya Alam (SDA) di kawasan Indonesia Timur masih banyak yang belum digali, dan belum dikemas dengan baik. Hal ini yang menyebabkan banyak yang tak mengetahui potensi tersebut, serta banyaknyan keluhan masyarakat akan hasil dari alamnya yang tida terkelola dengan baik.

Ketua Umum Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) berkomitmen mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Buru Selatan, untuk memberikan nilai tambah kepada perkonomian masyarakat. Pada keterangan yang disampaikan Ketua Umum Koperasi MNT mengatakan, komitmen tersebut menjadi misi dalam memimpin Koperasi yang memiliki tujuan untuk membangun Ekonomi Kerakyatan, khusunya di kabupaten Buru Selatan. Hal ini disampaikan saat memberikan keterangan melalui sambungan telpon ke SMN 11/2/2020.

“Koperasi MNT memiliki misi bagaimana melaksanakan tugas kita untuk bisa memberikan nilai tambah terhadap sumber daya alam yang dimiliki oleh Kabupaten Buru Selatan. Inilah yang harus menjadi tujuan kita bersama,” kata Ketua Umum Koperasi MNT, saat meninjau langsung lokasi pesisir pantai di Kabupaten Buru Selatan. Senin (10/02/2019).

Berangkat dari keluhan masyarakat akan sulitnya pengelolaan hasil alam yang ada di Kabupaten Buru selatan Khususnya Namrole, Ketum MNT memiliki tujuan membangun gudang yang nantinya akan di fungsikan untuk menampung hasil kebun dari masyarakat.

“Rencna yang akan kami bangun dalam 4 bulan ke depan adalah Gudang Komoditi MNT, untuk Menampung semua hasil dari alam yang ada di Kabupaten Buru Selatan wabilkhusus di wilayah Namrole,” ujarnya

Gus Robi bersama Koperasi Multidaya Nusantara Tiga bertujuan untuk membeli setiap hasil kebun yang ada di Namrole kabupaten Buru Selatan, agar masyarakat Buru selatan tidak lagi bingung untuk menjual hasil dari kebunnya.

“Kita akan tampung di gudang MNT nantinya. Tujuan untuk lebih memudahkan masyarakat petani khususnya,” jelasnya

Pada kesempatan yang sama, salah satu Kepala Adat menuturkan bahwa dirinya bersama masyarakan sangat membutuhkan program-progam serta wadah yang mampu mengelola hasil kekayaan alamnya.

“Kami menyambut baik tujuan dari koperasi Multidaya Nusantara Tiga yang akan membangun perekonomian rakyat kami khususnya Kabupaten Buru Selatan dengan akan didirikannya gudang yang nantinya mampu menampung hasil kebun kami,” tuturnya saat turut hadir meninjau salah satu lokasi pesisir pantai di Kabupaten Buru Selatan.

Kegiatan tinjau langsung lokasi potensial Ketua Umum MNT di dampingi oleh Kepala Adat, tokoh masyarakat, serta Bakal Calon Bupati Buru Selatan Amir Faisal Souwakil yang didampingin oleh Wakil Saul Tasane. Kegiatan disambut baik oleh masyarakat dan berjalan dengan lancar.

Saat di Konfirmasi Langsung terkait beredarnya isu bahwa ketua Umum Koperasi MNT Menjadi  Donatur Politik salah satu pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Buru Selatan Maluku yaitu Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Amir Faisal Souwakil dan Saul Tasane, Yang juga adalah bagian dari keluarga besar Koperasi Multidaya Nusantara Tiga (MNT) ingin megembangkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Koperasi MNT.

SMN memperoleh konfirmasi melalui sambungan telp terkait adanya tuduhan bahwa Ketua Umum Koperasi MNT Gus Robi Irawan Wiratmoko hadir di Kabupaten Buru Selatan sebagai donatur pasangan SOULTAN.pihaknya membantah rumor tersebut, saat ditanya SMN terkait  apakah benar sebagai donatur?  apa sebenarnya hubungan koperasi MNT dengan pasangan SOULTAN?

Gus robi menjelaskan bahwa kedatangannya tersebut selain dari pada melakukan tugas Koperasinya yang mempunyai tujuan untuk membangun Ekonomi Kerakyatan juga memberikan dukungan moril kepada pasangan SOULTAN.

“Saya hanya memberikan dukungan, suport dan membantu saudara saya di Koperasi, yang juga kebetulan mencalonkan Bupati Buru Selatan. Bukan sebagai Donatur dan atau membiayai,” ujar Gus robi kepada SMN saat mengklarifikasi berita yang beredar.

Menjawab Berita yang dimuat oleh Media Suaraburuselatan.com dengan Judul “Donatur SOULTAN Di Pilkada, Ketua Umum MNT Bantu Salib Rekomendasi Partai” Ketua Umum Multidaya Nusantara Tiga (MNT) mngatakan bahwa beliau Bukan donatur pilkada.

“Memang benar saya akan membantu saudara saya pasangan SOULTAN untuk mendapatkan Rekom, tapi hanya sekedar membantu secara tenaga dan pemikiran, serta materi sesuai dengan aturan dan peraturan, bukan saya yang membiayai sepenuhnya “. Pungkasnya

Pada hari yang sama 11/2 melalui sambungan telp,  bakal calon Bupati Buru selatan Amir Faisal Souwakil juga membenarkan bahwa kehadiran dari pada Ketua Umum MNT adalah untuk memberikan dukungan serta semangat kepada pasangan SOULTAN dalam program membangun Ekonomi Kerakyatan.

“Yang jelas Program yang nantinya pro rakyat yang diwujud nyatakan, yautu bagaimana mempermudah nelayan untuk mendapatkan bahan bahan bakar, juga bagaimana hasil bumi seperti coklat, cengke, pala, yang selalu dijual ke propinsi kota Ambon yang biaya ongkosnya, transpornya belum memperhatikan Pendapatan Daerahnya yang masuk kota Ambon yang menjadi topik program utama dalam rabgka perbaikan dan perubahan, program nyata yang langsung menyentuh” harapannya.

Lebih lanjut Mantan DPRD Buru Selatan 3 kali periode itu menjelaskan bahwa kedepan yang menjadi perhatian dalam membangun perekonomian masyarakat yang akan menjadi bentuk nyata kerjasama dengan koperasi MNT adalah bagaimana membangun sektor perikanan dan pertanian atau perkebunan.

“yang pertama masalah perikanan, bagaimana memberdayakan laut buru selatan Maluku  yang berhadapan langsung dengan laut banda untuk bisa mengolah hasil lautnya untuk menjadikan buru selatan sebagai lumbung ikan di kabupaten Maluku, yang kedua adalah hasil pertanian seperti produk kelapa, cengke, pala dan sebagainya bagaimana memperbaiki harga sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani yang selama ini dikeluhkan masyarakat yang belum sepenuhnya mendapatkan perhatian sehingga melalui koperasi MNT kedepan bisa lebih berperan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Buru Selatan dan itu yang menjadi ketertarikan ketua umum koperasi MNT datang ke Buru Selatan Maluku, bukan sebagai Donatur” ungkap bakal Cabup Buru Selatan Amir Faisal Souwakil.

Visi Koperasi MNT adalah Menjadi Koperasi Yang Berkembang dan Bermanfaat untuk

Memenuhi Kebutuhan Masyarakat, Bangsa, dan Negara, dan melalui misi MNT adalah Membangun Bisnis dan Aset Produktif secara terintegrasi guna memberikan Manfaat & Pelayanan yang Luas Kepada,

Masyarakat, Bangsa dan Negara denga prinsip Nilai Cepat, Tanggap, Inovatif dan Penuh Tanggung Jawab

(Nimbrod Rungga)

post-top-smn

Baca berita terkait