Wednesday, 23 September 2020

Kelud Fruit Festival 2016

post-top-smn
Bupati Haryanti memilih-milih buah bersama rombongan.

Bupati Haryanti memilih-milih buah bersama rombongan.

Kediri, SMN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kediri ke 1212 tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Kediri melaksanakan kegiatan Kelud Fruits Festival 2016. Kegiatan ini dilaksanakan di rest area kawasan wisata Gunung Kelud.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Kediri Haryanti Sutrisno serta pejabat lingkungan Pemkab Kediri. Kegiatan ini diikuti oleh 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri. Tiap  kecamatan menampilkan buah unggulannya masing- masing.

Camat Ngancar Ngaseri dalam sambutannya menyatakan bahwa untuk mengangkat potensi buah-buahan di Kabupaten Kediri, pengembangan agrowisata sebagai destinasi baru tujuan wisata menjadi suatu hal yang penting.

“Kawasan agrowisata ini tidak hanya dikembangkan sebagai tempat wisata dan pengembangan budidaya pertanian saja, tetapi nantinya juga bisa dijadikan tempat edukasi bagi para pelajar maupun masyarakat umum tentang kegiatan perkebunan dan pertanian”, tegasnya.

Rangkaian buah berbentuk naga dijadikan icon festival.

Rangkaian buah berbentuk naga dijadikan icon festival.

Ngaseri menambahkan bahwa Kelud Fruits Festival 2016 ini juga bertujauan untuk menghadapi Masyakat Ekonomi Asean (MEA). “Sudah seharusnya pemerintah bersama para petani bekerjasama mengembangkan dan mempersiapkan produk-produk pertanian kita khususnya buah-buahan lokal unggulan Kabupaten Kediri, agar produktifitasnya meningkat baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya sehingga tidak kalah bersaing dengan produk sejenis di pasar bebas”, ungkap Camat Ngancar.

Dalam kegiatan Kelud Fruits Festival 2016 ini dilombakan aneka buah unggulan dari daerah-daerah di Kabupaten Kediri dan produk-produk unggulan UMKM yang ada di Kabupaten Kediri. Beragam tanaman buah yang dilombakan diantaranya seperti Kelengkeng, Sawo, Durian, Nanas, Alpukat, Salak dan lain sebagainya. Kegiatan Kelud Fruits Festival 2016 ini akan berlangsung dari 25 Maret-27 Maret 2016. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait