Sunday, 25 October 2020

Kadinkes Jatim Minta Korban Banjir Perhatikan Empat Hal

post-top-smn
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jatim, Kohar Hari Santoso

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jatim, Kohar Hari Santoso

Surabaya, SMN – Curah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Jawa Timur beberapa hari belakangan membuat sejumlah daerah terendam banjir. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Jatim, Kohar Hari Santoso  meminta masyarakat yang terdampak banjir memperhatikan empat hal yaitu kebersihan tempat tinggal, kualitas air, makanan dan sanitasi.

“Empat hal itu yang harus diperhatikan agar terhindar dari penyakit. Kami sudah berkoordinasi dengan Kabupaten/kota yang mengalami banjir untuk mempersiapkan hal-hal yang terkait kebutuhan kesehatan,” tuturnya, Selasa (7/2).

Ia menjelaskan, saat banjir kebersihan tempat tinggal kadang memang sulit dijaga, namun apabila banjir sudah sangat parah sebaiknya sesegera mungkin mengungsi. Air bersih juga akan sulit ditemukan sehingga korban banjir harus memastikan air yang diminum benar-benar tidak terkontaminasi. “Untuk makanan supaya berhati-hati jangan sembarangan dan pola sanitasi yang benar,” ungkap Kohar.

Hal yang perlu diwaspadai, sambungnya, adalah dampak penyakit dari bencana banjir seperti diare dan penyakit kulit. Ia mengaku telah menyiapkan tim untuk merespon laporan terkait kebutuhan kesehatan para korban banjir.

“Saya dan tim sudah mengunjungi beberapa daerah yang terkena banjir seperti Pasuruan, Sidoarjo dan Sampang. Kita pastikan kebutuhan obat aman, jenis obat yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan kabupaten/kota karena penyakit variatif,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar. Pembuangan sampah di sungai dan saluran air lainnya, tambah Kohar, tidak dibenarkan karena akan memperparah bencana. (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait