Tuesday, 24 November 2020

Kabupaten Pasuruan Mendapat Bantuan Jagung Hibrida Dari Dana Dekon Dinas Pertanian Jatim

post-top-smn
Pemerintah pusat telah memberikan bantuan benih Jagung jenis Hibrida mencapai seluas 6500 hektar di seluruh Wilayah se-Kabupaten Pasuruan.

Pemerintah pusat telah memberikan bantuan benih Jagung jenis Hibrida mencapai seluas 6500 hektar di seluruh Wilayah se-Kabupaten Pasuruan

Pasuruan, SMN – Pemerintah pusat telah memberikan bantuan benih Jagung jenis Hibrida mencapai seluas 6500 hektar di seluruh Wilayah se-Kabupaten Pasuruan.

Ihwan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mengatakan, bantuan tersebut dari Dana Dekon Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur, di mana dari lahan seluas 6500 hektar tersebut terbagi menjadi 5000 hektar yang akan ditanam, dan untuk lahan seluas 1500 hektar akan ditanami jagung jenis Hibrida di lokasi tanaman pangan dan  lokasi perkebunan. Khusus untuk 1500 hektar areal perkebunan tersebar hanya di wilayah Kecamatan Nguling seluas  1000 hektar dan untuk Kecamatan Grati seluas 500 hektar.

“Ini bagian dari mengurangi disparitas di wilayah antara timur dan barat. Dan untuk setiap hektarnya bila dihitung rata-rata akan mendapat bantuan sebanyak 15 kg benih jagung hibrida dan berita ini suda tersebar hampir di semua kecamatan se-Kabupaten Pasuruan,” jelas Ihwan, Jumat (05/05/2017).

Lebih lanjut, untuk bantuan benih jagung hibrida tersebut sudah sampai di tangan kelompok petani dan siap untuk ditanam. Jelas Ihwan, selain dari bantuan benih jagung, pihaknya juga menerima bantuan alat-alat pertanian antaralain 30 unit Traktor Dua dua, 20 unit Pompa Air, 44 unit Handsprayer, 20 unit Transplater, dan 15 unit Traktor Rotani.

“Namun dari APBD Kabupaten Pasuruan, kita mengalokasikan pembelian 16 unit Traktor, 33 unit Power Sprayer, 25 unit Handsprayer, 33 unit Power Thresser dan 3 unit kendaraan roda tiga atau disebut Tossa. Seluruhnya kita peruntukkan untuk masyarakat Kabupaten Pasuruan untu meningkatkan Produktifitas Pertanian, khususnya padi dan jagung,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui, luasan lahan jagung yang ada di Kabupaten Pasuruan mencapai sekitar 44.151 hektar dengan nilai provitas mencapai 62,78 kwintal per hektar atau 6,28 ton/hektar dan produktifitas mencapai 277,192 ton. Tutur Ihwan kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, dan untuk jumlah tersebut sudah melampaui target provinsi maupun nasional.

“Yang kita lakukan untuk kesejateraan Kabupaten Pasuruan agan menjadi makmur dan kami juga melakukan banyak upaya mulai dari perbaikan jaringan irigasi, penambahan jumlah pompa air, penambahan alat tanam sampai dengan pemberian benih kepada masyarakat Kabupaten Pasuruan,” pungkasnya. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait