Friday, 4 December 2020

Jalan Tol Jurusan Bangil-Rembang, Mulai Bisa Di Fungsihkan

post-top-smn

2017-04-01_13.13.03

Pasuruan, SMN – Jalan Tol yang ada di Gempol-Pasuruan untuk seksi I tujuan Bangil-Rembang, Hari Jumat kemarin mulai suda berfungsi dan suda bisa dioperasionalkan jalan Tol tersebut. Dengan panjang mencapi 8 KM yang diawali oleh PT. Trans Marga Jatim Pasuruan, Peresmian tersebut digelar disekitaran pintu masuk jalan tol jurusan Bangil-Rembang, Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Jumat 31 – 3 – 2017..

Peresmian tersebut telah dihadiri oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf, Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, Direktur Utama PT. Trans Marga Jatim Pasuruan, Agus Poernomo, Kapolres Pasuruan, AKBP Muhammad Aldian, Ketua DPRD, Sudiono Fauzan, dan ratusan undangan lainnya.

Menurut Agus, untuk uji coba pengoperasian jalan tol yang ada diwilayah Bangil-Rembang dilakukan setelah terbitnya surat dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) nomor JL.03.04-P/67 tertanggal 29 maret 2017 tentang Sertifikat Laik Operasi Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi I jurusan Bangil-Rembang dengan panjang 8 KM.

Dalam surat tersebut, pengoperasian jalan tol jurusan Bangil-Rembang merupakan bagian dari rencana pengoperasian jalan tol di tahun 2017 dengan total sepanjang mencapai 210 KM. ” Dan Jalan tol jurusan Gempol-Pasuruan tersebut juga memiliki daya nilai strategis di wilayah Jawa Timur.

Dengan beroperasinya jalan tol jurusan Bangil-Rembang, kami berharap bisa memacu dalam pertumbuhan ekonomi dikawasan sekitarnya,” tegasnya.

Ditambahkannya, Jalan tol jurusan Bangil-Rembang merupakan bagian dari Jalan tol jurusan Gempol-Pasuruan yang telah dibangun sejak tahun 2012 yang lalu, dan dimana jalan tol tersebut memiliki investasi dengan nilai total sebesar Rp 4,031 Trilyun dengan masa konsesi selama 45 tahun.

“Sesuai perjanjian pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dibagi menjadi 3 seksi, yaitu seksi I jurusan Gempol-Rembang dengan panjang 13,90 KM, untuk seksi II jurusan Rembang-Pasuruan sepanjang 6,6 KM, dan seksi III jurusan Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 KM,” imbuhnya.

Selama ini disaat beroperasi, Jalan tol jurusan Bangil-Rembang direncanakan akan menggunakan sistem operasi terbuka. Namun saja, Agus menjelaskan, bahwa apabila jalan tol tersebut sudah tersambung maka jalan tol jurusan Bangil-Rembang akan dioperasikan dengan sistem tertutup.

Kami harapkan jalan tol yang suda dioperasionalkan jurusan Bangil-Rembang akan bisa mempercepat dalam tujuan yang ditempuh oleh masyarakat, serta bisa dapat untuk menghindari dalam kemacetan yang biasanya terjadi di Jalan Nasional-Pasuruan.

“Untuk sementara ini, bagi pengguna jalan tol yang melewati jurusan Bangil-Rembang tidak dikenakan tarif pembayaran jalan tol alias gratis sampai SK dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang harga tarif jalan tol keluar,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menegaskan bahwa dengan dioperasionalkan Jalan Tol jurusan  Bangil-Rembang, jadi secara otomatis bisa dapat mengurangi dalam kemacetan yang biasa sering terjadi, di Jalan Nasional yang tepatnya didepan Alun-Alun Bangil, Kabupaten Pasuruan.

“Bila kita sedang melaju ke arah depan Alun-Alun Bangil, apalagi disaat jam kerja atau jam masuk sekolah dan pulang sekolah ataupun pulang dari kerja, pasti jalan tersebut akan macet meskipun dalam kemacetannya tidak lama. Nah dengan dioperasionalkan jalan tol jurusan Bangil-Rembang, dalam kemacetan yang ada di Jalan Nasional akan bisa teratasi,” singkatnya. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait