Saturday, 26 September 2020

Inilah Tujuh Komisioner Baru KPID Jatim 2016-2019

post-top-smn
Proses seleksi calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur memasuki tahap akhir

Proses seleksi calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur memasuki tahap akhir

Surabaya, SMN – Proses seleksi calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur telah memasuki tahap akhir yakni uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) secara terbuka oleh Komisi A DPRD Jatim. Dari 18 calon yang mengikuti fit and proper test akhirnya terpilih tujuh nama yang akan menjadi komisioner KPID Jatim periode 2016-2019.

Ketujuh nama tersebut, yakni Afif Marullah, Amalia Rosyadi Putri, Bashlul Hazami, Nur Elya Anggraini, Gandi Wicaksono, Eko Rinda Prasetiyadi, dan Immanuel Yosua Tjiptosoewarno. Para komisioner terpilih tersebut ditetapkan oleh Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar melalui pengumuman Nomor 160/9284/060/2016 yang diumumkan sejak pada 31 Oktober 2016 lalu.

Usai ditetapkan seabagai komisioner, ketujuh nama akan diserahkan pada Gubernur Jatim, Soekarwo untuk dilantik secara resmi dalam mengawal KPID Jatim tiga tahun ke depan. Pelantikan diperkirakan segera dilaksanakan dalam waktu dekat jelang penghujung tahun 2016.

Seperti diketahui, komisioner terpilih sebelumnya telah mengikuti serangkaian tes dan ujian dalam beberapa tahap. Tahap pertama yakni seleksi administrasi dari 79 peserta yang akhirnya berhak mengikuti tes tulis. Dari hasil tes tulis yang lolos sebanyak 40 calon yang lolos dan berhak mengikuti tes psikologi di Lembaga Psikologi TNI Angkatan Laut, 30 Agustus 2016.

Selanjutnya dari 40 peserta tes psikologi tersisa 24 orang yang lolos dan berhak masuk tahap debat publik yang dilaksanakan 20-21 September 2016. Hingga tersisa 21 calon komisioner yang lolos debat publik yang berhak melaju ke tahap akhir, yakni fit and proper test  dengan Komisi A DPRD Jatim. Namun hanya 18 nama yang ikut dalam fit and proper tes di DPRD Jatimpada tanggal 13-15 Oktober 2016. (afr/pca/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait