Monday, 26 October 2020

Helat Pagelaran Budaya, Upaya Promosikan Wisata Ngawi

post-top-smn
Wagub Jatim, Bupati dan Wabup Ngawi serta Jajaran forum pimpinan daerah di Ngawi saata naik panggung bersama Krakatau Band

Wagub Jatim, Bupati dan Wabup Ngawi serta Jajaran forum pimpinan daerah di Ngawi saata naik panggung bersama Krakatau Band

Ngawi, SMN – Salah satu upaya mempromosikan wisata yang digagas Pemerintah Kabupaten Ngawi adalah dengan menggelar beragam acara budaya. Salah satunya adalah “Ngawi Perform Festival Benteng Pendem Night Artnival” yang dihelat Sabtu malam, 8 April 2017.

Bupati Ngawi, Budi Sulistyono memasarkan tempat-tempat wisata di Ngawi menjadi salah satu hal yang diprioritaskan Ngawi saat ini. Apalagi di Bumi Orek-orek ini destinasi wisata yang dimiliki begitu beragam. “Pagelaran seni budaya di Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem sendiri sudah tiga kali dilakukan dan benteng ini menjadi salah satu ikon wisata Ngawi yang kami andalkan,” kata Kanang, sapaan akrab Bupati Ngawi ini.

Promosi gencar atas Benteng Van Den Bosch memiliki beberapa alasan, diantaranya sudah tercapainya MOU antara Pemkab Ngawi dengan TNI, perlunya menggali sumber pendapatan asli daerah dari sektor wisata serta banyaknya nilai sejarah yang terkandung dalam Benteng Pendem dan lokasinya yang berada di dalam kota. Ngawi Perform Festival Benteng Pendem Night Artnival sendiri selain mendatangkan Krakatau Band, juga diisi sendratari dengan menampilkan Studio Taksu dari Surakarta, juga sendratari tunggal yang dibawakan Edgar seorang penari mancanegara, nyanyian akustik Sri Enchik Khrisna plus pementasan Wayang Janturan versi Dhalang Poer, Bantengan Nuswantara, Barongsai dan Dongkrek.

Menurut Kanang, sudah saatnya potensi yang ada di Ngawi dikenal secara nasional bahkan internasional. Apalagi Ngawi memiliki banyak potensi wisata yang eksotis, indah dan tidak mungkin ada di daerah lain. Benteng Pendem menjadi salah satu obyek wisata sejarah yang digadang-gadang bergaung secara luas tersebut. “Kita harap, adanya pagelaran budaya dan menampilkan band terkenal akan turut mendongkrak nama Benteng Pendem dan Ngawi umumnya makin dikenal masyarakat di Indonesia,” kata Kanang.

Penampilan Krakatau Band sendiri dalam acara tersebut menuai sukses. Selain dipadati pengunjung, Krakatau juga membawa personel lengkap dan baru saja merilis album baru. CD album Krakatau Band ini akhirnya diborong oleh Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf atau acap disapa Gus Ipul untuk dibagi ke penonton. Gus Ipul berharap, rencana revitalisasi atas lingkungan benteng segera dapat direalisasikan agar lokasi ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang baru di Jawa Timur. (Adv/Infokom/ari)

post-top-smn

Baca berita terkait