Wednesday, 26 February 2020

Hari Santri, Polresta Sidoarjo Gelar Upacara Pakai Peci

post-top-smn
Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) dipimpin Wakapolresta AKBP M. Anggi Naulifar Siregar

Sidoarjo, suaramedianasional.co.id – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 4 tahun 2019  ternyata tidak hanya di lakukan kalangan santri pondok Pesantren, jajaran pemerintah dan dunia pendidikan. Namun Polresta Sidoarjo juga memperingati dengan menggelar upacara dengan cara yang unik.Upacara yang digelar di halaman Mapolresta Sidoarjo tersebut dipimpin WakapolrestaAKBP M. Anggi Naulifar Siregar serta diikuti pejabat utama, kapolsek jajaran, seluruh anggota Polresta Sidoarjo,dan dihadiri TNI juga Satpol PP dan para Santri. 

Dalam upacara HSN 2019 ini, semua peserta upacara tidak menggunakan topi seperti biasanya, namun semua wajib menggunakan kopyah atau peci  serta berselempang surban yang biasa dipakai para santri. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para santri di Hari Santri Nasional.

WakapolrestaAKBP M. Anggi Naulifar Siregar dalam sambutannya berkesempatan membacakan pidato Menteri Agama Republik Indonesia  yang isinya antara lain, ucapan terima kasih kepada Presiden yang sudah menetapkan tanggal 22 Oktober menjadi Hari Santri Nasional (HSN).Kementerian Agama pada HSN 2019 mengusung tema, “Bersama Santri Damailah Negeri,” isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan seperti maraknya hoax, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan hingga terorisme.

Hari Santri Nasional tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai ‘pionir perdamaian’ yang berorientasi pada spirit moderesasi Islam di Indonesia, toleran, dan komitmen cinta tanah air. “Diharapkan para santri semakin vokal untuk menyuarakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah – tengah keragaman masyarakat. Mari kita tebarkan kedamaian, dimanapun, kapanpun, siapapun,” ujarnya.

Setelah membacakan pidato Menteri Agama RI, AKBP M. Anggi Naulifar Siregar menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh santri di Indonesia  khususnya santri pesantren se-Kabupaten Sidoarjo.(try)

post-top-smn

Baca berita terkait