Wednesday, 23 September 2020

Harga BBM Turun Lagi Per 1 April 2016

post-top-smn
Tabel Daftar Harga BBM Per 1 April 2016

Tabel Daftar Harga BBM Per 1 April 2016

SMN – Harga BBM turun lagi setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM), Sudirman Said, Rabu 30 Maret 2016 lalu, mengumumkan penurunan harga BBM Subsidi jenis Premium dan Solar.

Pemerintah terus mencermati dinamika harga minyak dunia dan kondisi perekonomian nasional dengan mempertimbangkan berbagai parameter.

Terdapat 6 parameter untuk menentukan penurunan harga dan jenis BBM. Pertama, harga referensi minyak periode 3 bulan terakhir untuk Mogas 92 dan Gasoil. Kedua, proyeksi harga referensi minyak periode 3 (tiga) bulan ke depan. Ketiga, rata-rata nilai tukar (kurs) Rupiah terhadap Dolar AS periode 3 (tiga) bulan.

Keempat, biaya penyimpanan, biaya distribusi BBM untuk menjangkau seluruh wilayah NKRI. Kelima, pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). Keenam marjin SPBU sebagai badan usaha penyalur.

“Tugas pemerintah menjaga supaya ada stabilitas harga. Pemerintah memutuskan menurunkan harga premium dan solar sebesar Rp 500 per liter,” ujar Sudirman Said ketika jumpa pers di Istana, Jakarta (30/3).

Harga BBM Subsidi terbaru mulai berlaku pagi tadi, pukul 00:00 tanggal 1 April 2016. Sementara harga minyak tanah tetap tidak ada perubahan yakni sebesar Rp 2.500 per liter.

Sedangkan menurut menteri ESDM, tiap 3 bulan harga Bahan Bakar minyak Subsidi akan direview kembali. Harga BBM Premium dan Solar ini sudah dengan pertimbangan pada bulan Juni-Juli 2016 nanti ada Puasa dan Lebaran.

Sementara Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, mengatakan bahwa karena harga minyak dunia turun, maka Pertamina juga menurunkan harga BBM Non Subsidi jenis Pertamax, Pertamax Plus 95, Pertamina Dex, dan Pertalite.

Sedangkan untuk tarif transportasi umum, menurut menteri Jonan, transportasi umum akan dikirimkan surat untuk turun harga seperti kereta api, laut, dan lainnya sebesar sekitar 3 persen.

post-top-smn

Baca berita terkait