Friday, 4 December 2020

Hadirkan Chef Ken, Festival Kuliner Khas Ngawi Diikuti Puluhan Peserta 

post-top-smn
Chef Ken memberikan kenang-kenangan untuk Ibu Bupati Ngawi Antiek Sulistyono

Chef Ken memberikan kenang-kenangan untuk Ibu Bupati Ngawi Antiek Sulistyono

Ngawi, SMN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tak main-main dalam mendukung meningkatnya kunjungan wisata ke Ngawi di tahun 2017 ini. DPMD pada 20-22 April menggelar Festival Kuliner Khas Ngawi yang berisi lomba memasak makanan khas daerah Bumi Orek-orek diteruskan dengan pameran produk-produk andalan. “Acara ini diharapkan dapat menemukan kreasi kuliner sebagai ciri khas Ngawi melengkapi program tahun kunjungan Ngawi 2017,” ungkap Kabul Tunggul Winarno, Kepala Dinas PMD Kabupaten Ngawi.

Bupati Ngawi Ir H Budi Sulistyono bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi, Antiek Sulistyono menyambut gembira digelarnya lomba tersebut. Menurut Kanang, sapaan akrab bupati, selama ini belum  ada kue, minuman atau masakan khas yang bisa menjadi trade mark Ngawi secara khusus. “Tipikal masyarakat Ngawi berasal dari petani dan masyarakat pinggir hutan, ini menjadikan kehidupan monoton dan memang harus diberi rangsangan untuk bisa lebih kreatif,” ujarnya.

Lomba memasak makanan khas Ngawi ini diikuti 56 timyang terdiri dari dua orang. Sebelum lomba dimulai, juga menghadirkan Master Chef Ken yang secara khusus juga memperagakan kepiawaiannya mengolah masakan. Olahan ikan patin kuah asam sengaja diperagakan Chef Ken sembari menerima pertanyaan dari hadirin, seperti meminta tips agar tidak pedas di mata saat mengiris bawang merah, cara menumis dengan benar dan teknis memasak lainnya.

Chef Ken dalam kesempatan itu mengaku bangga dengan slogan Ngawi Ramah. Dia juga berpesan agar warga Ngawi berani berkreasi dan berinovasi agar kulinernya semakin dikenal.

“Dengan berani melakukan eksperimen akan tercipta inovasi dan kreasi masakan yang tak kalah dengan produksi daerah atau negara lain,” ujarnya.

Lomba memasak ini dibagi dalam tiga kategori pemenang dengan total hadiah sebesar Rp 28 juta yakni kategori masakan, minuman dan jajanan. Kategori minuman juara pertama diraih pasangan Andri Susilo dan istrinya dengan sajian Es Teh Super Segar, juara II oleh tim Yuliana dan Anggi dengan Dhawet Jahe Cantik, juara III oleh Notosuman Resto. Juara Harapan I, II dan III masing-masing diraih Es Gondosari, Dhawet Kacang Merah dan Es Serut Herba.

Kategori jajanan berhasil meraih juara I adalah Lapis Ngawi oleh pasangan Andriyanto dan istri, juara II pasangan Dodi dan Yuda dengan Gethuk Sukun Goreng Aneka Isi, juara III diraih tim dari Klitik yakni Siti dan Ladiva. Sementara juara harapan I, II dan III adalah kroket pisang saos kacang, mubit-mubit gurih dan roti gulung keju.

Kategori masakan juara harapan I adalah Sego Jagung Bakar Kemangi (Notosuman Resto),  harapan II Kapre Menthok (Normadewi/Asnindar), juara III Telur Chrunchy (Sugandi). Kemudian Juara III Sego Ijo (Andri Susilo dan istri), juara II Dara Isi Saos Kare dan juara I adalah Ayam Panggang (Ariyanto Eka). (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait