Friday, 4 December 2020

Gus Ipul Serahkan 153 Jaket Keselamatan kepada Operator Perahu Tambang

post-top-smn

 

Gus Ipul didampingi Camat Wringinanom memberi serta memakaikan Life Jacket kepada perwakilan para penambang kali di Kec. Wringinan

Gus Ipul didampingi Camat Wringinanom memberi serta memakaikan Life Jacket kepada perwakilan para penambang kali di Kec. Wringinan

Surabaya, SMN – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf menyerahkan 153 jaket keselamatan kepada operator perahu tambang di wilayah Kali Surabaya yang meliputi Kec. Wringinanom Kab. Gresik dan Kec. Balongbendo Kab. Sidoarjo.

Penyerahan jaket keselamatan tersebut dilakukan di Kantor Kecamatan Wringinanom, Kab. Gresik, Kamis (27/4)

Ia menegaskan, pemberian jaket keselamatan diharapkan bisa membuat sadar para operator dan pengguna jasa transportasi air akan pentingnya keselamatan dalam bertransportasi. Selain itu agar selalu mematuhi aturan keselamatan yang ada.

“Kejadian tenggelamnya perahu tambang juga harus dimaknai secara mendalam, bahwa pemerintah hadir dan memberikan perhatian kepada masyarakatnya. Caranya, yakni menyediakan layanan dengan standar keamanan bagi pengguna maupun operator perahu tambang,” ujarnya.

Pria yang dikenal dengan sapaan Gus Ipul itu juga minta agar lebih operator dan pengguna jasa meningkatkan kewaspadaannya sebelum menggunakan transportasi air. Setelah adanya kejadian tenggelamnya perahu tambang, moda transportasi air haruslah aman, lancar dan terkendali atau diistilahkan ‘Mancarli’.

Aman dapat diartikan semua sudah diamankan dan dikoordinasikan oleh semua pihak setelah kejadian dengan baik agar kejadian serupa tidak terulang. “Aman selanjutnya adalah memberikan pemahaman kepada operator pentingnya alat keselamatan berupa jaket ini. Jika semua aman maka kejadian seperti kemaren tidak akan terjadi kembali. Keselamatan menjadi hal penting dan nomer satu yang harus didahulukan,” ungkapnya.

Lancar, menurut Gus Ipul adalah semua hal yang berkaitan mulai dari proses pencarian korban, pemberian santuan kepada korban hingga proses standarisasi keselamatan kepada operator dan pengguna perahu tambang berjalan dengan baik dan terencana.

Kesimpulan terakhir yakni terkendali. Bedasarkan kesepakatan semua pihak belajar Gus Ipul menjelaskan bahwa keberadaan perahu maupun dermaga tambangan harus diperbaiki dengan baik serta layak. “Perahu maupun dermaga yang sudah ada harus diperbaiki dan dikendalikan dengan baik. Jangan sampai menyalahi kesepakatan yang telah dibuat. Ke depan, penyelenggaraan transportasi kita semakin terkendali dan terjamin keselamatannya,” tegasnya.

Gus Ipul juga memberi apresiasi kepada semua pihak seperti perangkat di pemerintah daerah, TNI-Polisi hingga masyarakat yang turut membantu kelancaran pencarian korban tenggelam hingga mematuhi aturan keselamatan yang telah ditetapkan. “Berkat kerja keras dari semua pihak kejadian perahu tenggelam dapat teratasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Wringinanom Drs. Darman MM mengatakan, bahwa pihaknya bersama masyarakat terus memberikan sosialisasi dan pengertian kepada operator dan pengguna jasa transportasi air untuk selalu memperhatikan keselamatan. “Semoga dengan adanya jaket keselamatan ini dapat selalu menyadarkan kita untuk selalu berhati-hati dalam bertransportasi,” pungkasnya. (*)

post-top-smn

Baca berita terkait