Saturday, 26 September 2020

Gus Ipul: Pramuka Harus Tanggap Issue Di Sekitarnya

post-top-smn
Wagub Jatim Drs Saifullah Yusuf Memimpin Rakerda Jatim Pramu 2016 di RM Agis Surabaya

Wagub Jatim Drs Saifullah Yusuf Memimpin Rakerda Jatim Pramuka 2016 di RM Agis Surabaya

Surabaya, SMN – Agar pramuka dikenal dan disenangi oleh semua lapisan masyarakat, maka pramuka harus pinter dan pandai dalam membawa serta menempatkan diri. Misalnya, carilah issue-issue cantik dan seksi yang ada di sekitar kita. Kemudian masuklah dan hadirlah disitu untuk memberikan bantuan serta solusi permasalahan tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan pengarahan pada acara rapat kerja Pramuka Tahun 2016 di RM Agis Jln. Pagesangan Surabaya, Rabu Siang (31/3).

Menurut Gus Ipul, issue-issue cantik dan seksi itu adalah yang sering terjadi di tengah masyarakat seperti wabah demam berdarah yang setiap masa transisi yakni di bulan januari, Pebruari dan maret pasti muncul dan menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Baik anak-anak, orang tua maupun remaja serta tidak melihat kaya atau miskin nyamuk-nyamuk tersebut terus menggigitnya. Atau masalah krisis air bersih yang sering muncul saat musim kemarau di daerah Bojonegoro dan sekitarnya. “ Disinilah, kehadiran dan empati pramuka sangat dibutuhkan untuk memberi bantuan atau solusi untuk meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa masalah,” jelasnya.

Sebab, lanjutnya, untuk bisa dikenal, diterima dan disenangi masyarakat, pramuka harus jeli dan mau serta bisa merubah image, pola pikir dan cara pikir yang selama ini mereka diterapkan atau gunakan. Karena dengan merubah cara pikir, maka pramuka bisa berinovasi dan berkreasi untuk menyelesaikan masalah yang muncul sekaligus menarik simpatik masyarakat sehingga mereka bisa dan mau menerima kehadiran dan keberadaan pramuka.

Selain masalah krisis air bersih dan demam berdarah, issue-issue lain yang pramuka bisa masuk dan turun langsung serta memberikan bantuan adalah masalah kekerasan dalam keluarga atau masalah pelecehan seksual. Caranya, pramuka hadir terus melaporkan ke pihak berwajib atau pamong desa agar korban diberikan perlindungan serta pendampingan untuk menghilangkan perasaan takut atau trauma bertemu orang luar. “Sebab, biasa korban kekerasan seksual itu menjadi pelaku masalah yang sama dikemudian hari”, tegas Gus Ipul.

Oleh karena itu, tambahnya, untuk mencegah hal yang sama terjadi maka pramuka masuk dan hadir untuk memberikan pengarahan dan pendampingan agar masyarakat bisa menjadi tenang dan meredam masalah. Kalau di setiap issue atau masalah peamuka hadir dan turun langsung maka kehadiran pramuka bisa menjadi berita yang menggelegar dan topic utama dalam Koran atau TV.

Sebelum mengakhiri pengarahannya, Gus Ipul, minta pada semua peserta untuk bisa memberikan pengertian serta sosialisasi kepada masyarakat harus mau merubah kebiasaan yang mereka lakukan. Umpamanya membuang sampah disembarang tempat, baik sungai maupun laut dan gorong-gorong. Karena sungai atau laut itu bukan sebagai tempat pembuangan sampah, gara-gara laut dan sungai dibuangi sampah maka lautnya tercemar yang akhirnya tidak ter-urus. Padahal, laut adalah tempat menyimpan potensi yang maha besar. Karena didalamnya banyak tersimpan beraneka ragam ikan, mutiara atau bio plasenta lain lain yang dapat diambil sewaktu-waktu sampai kapanpun kita membutuhkan.

Gara-gara laut tidak diurus dengan baik dan dijadikan tempat sampah oleh sebagian masyarakat kita, maka potensi yang besar dan sangat berharga itu serta tersimpan itu akhirnya di urus oleh orang luar ataunelayan- nelayan orang asing dengan cara mengambil hasil laut Indonesia. “Kalau sudah begitu, barulah masyarakat kita berteriak dan menyalahkan mereka yang mengambil kekayaan kita, tapi itu sudah terlambat karena banyak ikan dan hasil laut lainnya yang telah raib dan musnah”, terang Wagub jatim Saifullah Yusuf didepan peserta Raker Pramuka.

Karena pramuka jatim dinilai dan mendapat predikat pramuka terbaik se Indonesia, maka saya ingin mengajak adik-adik kita ini untuk mengubah cara pikir dan cara pandang mereka yaitu selalu cepat tanggap dengan issue atau masalah yang muncul di sekitarnya. (*)

post-top-smn

Baca berita terkait