Saturday, 26 September 2020

Gelorakan Nasionalisme dan Ekonomi Kreatif, Pemkot Blitar Gelar Karnaval

post-top-smn

Blitar Kota 2

Kota Blitar, SMN – Semangat nasionalisme dan ekonomi kreatif di Kota Blitar tercermin kuat saat digelarnya Pawai Kebangsaan Indonesia Merdeka, Minggu (28/8). Semangat nasionalisme, kreatifitas, hasil pembangunan, dan produk unggulan daerah banyak ditampilkan Pemerintah dan masyarakat Kota Blitar yang diberangkatkan oleh Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar itu. Melalui gelaran pawai ini, Wali Kota berharap ada semangat berlipat untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

“Sejalan dengan tema HUT kemerdekaan tahun ini yaitu Indonesia Kerja Nyata, maka kami berharap masyarakat Kota Blitar mampu mengisi kemerdekaan dengan kerja, kerja, dan kerja. Kami percaya masyarakat Kota Blitar adalah masyarakat yang rajin bekerja, produktif, masyarakat yang kreatif, sekaligus bijaksana dalam menyikapi perbedaan, menjunjung tinggi toleransi, dan dapat membangun semangat keagamaan dan nasionalisme”, kata Wali Kota saat memberangkatkan pawai di depan Kantor Wali Kota Blitar.

Ditambahkan Wali Kota, melalui pawai ini dirinya mengajak masyarakat perkokoh semangat persatuan di antara seluruh komponen masyarakat Kota Blitar. Dituturkan dia, jika kita mau bersatu, mau bekerja sama, dan mau bergotong royong, semua permasalahan akan dapat kita selesaikan bersama. Karnaval yang diikuti 102 peserta itu mendapatkan respon positif dan antusiasme dari ribuan warga masyarakat. Diantaranya dari unsur Pendidikan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Instansi Vertikal, BMUD/BUMN, Kecamatan dan Kelurahan, serta unsur masyarakat, ikut memeriahkan pawai kebangsaan tersebut.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Blitar Santoso melihat melalui pawai ini diharapkan ada semangat untuk menggelorakan ekonomi kreatif. Diharapkan kegiatan ini akan semakin memperkenalkan potensi-potensi yang dimiliki Kota Blitar. Termasuk potensi produk-produk ekonomi kreatif. Selain itu kedepannya pihaknya juga berharap agar kualitas dari peserta maupun penyelenggara terus ditingkatkan. Sehingga nantinya diharapkan karnaval ini bisa menjadi salah satu ikon wisata Kota Blitar. “Ke depan kita berharap agar agenda karnaval ini bisa menjadi salah satu ikon wisata Kota Blitar yang mampu menyedot perhatian wisatawan,” jelas Wakil Wali Kota.

Berbagai macam visualisasi inovasi-inovasi juga ditampilkan SKPD maupun berbagai instansi dilingkup Pemkot Blitar. Diantaranya Dinas pendidikan Kota Blitar yang menampilkan pawai sepedah gratis. Dimana pada Desember 2016 nanti Pemkot Blitar akan memberikan program sepeda gratis kepada siswa Kota Blitar sebagai wujud nyata APBD pro rakyat.

Ketua panitia penyelenggara, Ngesti Utomo menyatakan pawai ini memang bertujuan untuk menggelorakan kembali nilai – nilai nasionalisme, patriotisme, religius dan wawasan kebangsaan serta meneladani semangat perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. “Pawai ini juga untuk mengobarkan semangat gotong royong dan sekaligus memberikan ruang aktualisasi minat dan bakat masyarakat sekaligus memantapkan pelaksanaan ekonomi kreatif”, jelas Ngesti yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan. (hms/adv/mam)

 

post-top-smn

Baca berita terkait