Saturday, 31 October 2020

Forkompimda Gelar Aksi Pungut Sampah

post-top-smn

IMG_20170209_183819 Lumajang, SMN – Bupati Lumajang, As’at Malik bersama dengan Forkompimda memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat, khususnya didalam kota Lumajang, menggelar aksi pungut sampah di Alun-Alun Lumajang, beserta para pejabat Pemkab Lumajang, Sabtu (25/2) malam lalu.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Nurul Huda, kepada sejumlah media mengatakan, bahwa acara pungut sampah diharapkan bisa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ditempat umum.

“Jadi, ini adalah untuk memotivasi masyarakat, serta membuat l budaya hidup semakin lebih baik dan dapat menjaga lingkungan lebih bersih,” kata Nurul, kepada wartawan.

Dikatakan Nurul, bahwa acara aksi pungut sampah ini digelar bersamaan dengan acara Car Free Night (CFN).

“Selain acara CFN, ada juga acara hiburan yang juga akan disertai dengan hiburan untuk masyarakat yang akan dipusatkan di Alun-Alun kota Lumajang,” beber Nurul.

Acara ini, ditambahkan Nurul, bahwa Bupati bersama Forko mpimda diarahkan berjalan kaki dari Pendopo sampai ke Alun-alun yang diatur rute tersebut oleh Bagian Humas dan Protokol Pemkab Lumajang.

“Dan dalam sepanjang perjalanan tersebut Bupati dan Forkompimda dengan melakukan aksi pungut sampah dijalanan,” ujarnya.

Nurul menerangkan juga bahwa Car Free Night ini, digelar acara hiburan gratis bagi masyarakat serta peragaan busana dari sekolah peraih Adi Wiyata.

“Kita juga akan mengadakan acara pemilihan Duta Lingkungan, sedangkan untuk Fashion Show akan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang. Ini semua kita laksanakan untuk memotivasi masyarakat akan pentingnya pemanfaatan bahan-bahan yang berasal dari produk daur ulang,” tambahnya.

Dijelaskan Nurul, kalau acara ini didedikasikan bagi tercapainya target Indonesia bebas sampah pada tahun 2020, khususnya ditempat-tempat umum.

“Hal ini bisa dimulai dengan kesadaran dan perilaku masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih,” katanya.

Pemerintah berharap masyarakat dapat  manfaatnya dan kata Nurul, masyarakat juga akan merasakan bedanya berada dilingkungan yang bersih. (atk)

post-top-smn

Baca berita terkait