Wednesday, 23 September 2020

Erdogan : Pemimpin Muslim agar ‘mengambil tanggung jawab’ dunia

post-top-smn

SMN, Istanbul — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak negara-negara Muslim untuk mengambil tanggung jawab yang tulus menyelesaikan masalah di seluruh dunia Muslim , Kamis (14/4/2016) di Istanbul, Turki.

Erogan menghadiri KTT OKI sebagai tuan rumah, di mana pemimpin muslim akan membahas isu-isu termasuk wilayah yang diduduki Palestina, Suriah, Yaman, Libya dan konflik di Karabakh, di antara topik lainnya.

Pemimpin dan perwakilan dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) negara anggota berpose untuk foto bersama selama KTT Istanbul di Istanbul, Turki April 14, 2016

Pemimpin dan perwakilan dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) negara anggota berpose untuk foto bersama selama KTT Istanbul di Istanbul, Turki April 14, 2016

Dalam sambutannya Erdogan mengkritik intervensi eksternal terhadap krisis politik negara-negara Muslim, apa yang dihadapi saat ini menunjukkan bahwa dunia Islam harus mengembangkan solusi internalnya sendiri.

“Kita perlu menyelesaikan masalah kita sendiri. Kita harus melakukan intervensi [untuk masalah yang kita hadapi]. Kita tidak campur tangan dan mengganggu [masalah kita sendiri]. Mereka mengganggu kita dengan isu-isu regional untuk mendapatkan minyak di wilayah tersebut. Mereka tidak bertujuan untuk mengamankan perdamaian di sana, “kata Erdogan.

“Kami harus sangat sensitif tentang masalah ini,” Erdogan menggarisbawahi, menunjukkan bahwa dunia Muslim harus memiliki kekuatan sendiri untuk menghadapi ancaman teror di daerah masing-masing.

“Saya terutama ingin menyampaikan bahwa inisiatif ini tidak dimaksudkan untuk menentang negara tertentu, tetapi tujuannya adalah [memberantas] teror yang memerlukan tanggung jawab bersama dari semua negara [di dunia],” katanya.

“Jika iniative ini mencapai tingkat efektivitas dan kapasitas yang kita inginkan, saya yakin era baru akan dibuka untuk dunia Islam,” tegasnya.

Sementara itu delegasi Indonesia dipimpin Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla. KTT OKI ini merupakan kelanjutan acara yang sama yang diadakan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Jusuf Kalla menjelaskan misi yang akan dibawa oleh delegasi Indonesia dalam KTT OKI adalah bagaimana menjaga perdamaian sekaligus mencegah konflik yang sekarang terjadi di negara-negara yang tergabung dalam OKI.

ABU

post-top-smn

Baca berita terkait