Saturday, 31 October 2020

DPRD Segera Proses PAW Suwito

post-top-smn
susilo (pakai kaos) ketika mengurus  berkas PAW dirinya di DPRD Ngawi  2 Maret 2017 lalu

Susilo (pakai kaos) ketika mengurus berkas PAW dirinya di DPRD Ngawi 2 Maret 2017 lalu

Pelantikan Susilo Diprediksi Bulan April

Ngawi, SMN – Proses PAW almarhum Suwito Hadi Saputro diperkirakan kelar pada April 2017. KPU Kabupaten Ngawi sudah meyelesaikan mekanisme untuk pengganti antar waktu (PAW) Suwito Hadi Saputro, anggota DPRD Ngawi dari Partai Nasdem, yang meninggal 2 Maret 2017 lalu. “Ada beberapa berkas lampiran yang harus diberikan, termasuk melampirkan daftar perolehan suara yang didapatkan oleh calon pengganti,” kata Syamsul Wathoni, Ketua KPU Ngawi.

Calon pengganti Suwito adalah Susilo, yang merupakan peraih kedua terbanyak dari dapil Ngawi 5 yang meliputi Kecamatan Ngrambe, Jogorogo dan Sine. KPU sendiri hanya bertugas memberikan data mengenai calon PAW dan proses selanjutnya mengikuti mekanisme di DPRD Ngawi. Sesuai data KPU, hasil pemilu legislatif 2014, almarhum Suwito memperoleh suara 2.039  suara sementara Susilo berada di urutan kedua dengan 1.903 suara.

Sementara itu Sekretaris DPRD Ngawi, Tri Pujo Handono, menyatakan bahwa proses PAW Suwito yang akan digantikan Susilo sudha sampai di Pemerintah Proinsi Jawa Timur. “ada beberapa surat yang direisi misalnya surat penunjukan dari KPU digantikan dengan SK dan bukan sebuah berita acara. Surat kematian almarhum Suwito juga harus dari dokter dan bukan dari desa/kelurahan. “Seara umum sudah klir, termasuk sudah adanya keputusan pemberhentian dari Ketua DPRD untuk almarhum (Suwito Hadi Saputro-red). Demikian juga usulan pengangkatan dari DPRD ke Bupati Ngawi yang diteruskan ke Gubernur Jawa Timur,” ujar Tri Pujo Handono.

Tri Pujo bahkan meprediksi pada April 2017 proses pelantikan Susilo sebagai pengganti antar waktu untuk almarhum Suwito sudah bisa dilakukan. Susilo sendiri Rabu, (29/3) juga tampak datang ke DPRD Ngawi untuk mengurus proses PAW dirinya. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait