Tuesday, 20 April 2021

DPRD Kabupaten Blitar Dorong Penambahan Bank Sampah

post-top-smn
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto, saat melakukan kunjungan lapangan.

Blitar, suaramedianasional.co.id – Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, hingga saat ini sudah ada 102 bank sampah yang tersebar diseluruh kecamatan. Namun jumlah itu masih sedikit, mengingat di Kabupaten Blitar ada 220 desa dan 28 kelurahan.

Menanggapi ini, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto mengatakan, sesuai kewenangannya dewan akan terus mendukung program bank sampah dari sisi penganggaran. Program bank sampah memang harus terus dimaksimalkan, agar sampah bisa tertangani dengan baik.

“Dengan penambahan bank sampah dampaknya akan bagus bagi masyarakat. Membuat masyarakat mudah menyalurkan sampahnya sehingga membuat lingkungan bersih dan sehat,” kata Sugianto Selasa (26/11/2019).

Melihat manfaat bagus bank sampah ini, komisi III untuk tahun 2020 mendatang mengusulkan untuk penambahan bank sampah. Juga melakukan pemantauan penerapan program bank sampah agar berjalan maksimal.

“Program bank sampah kalau dikelola baik akan muncul banyak hal positif bagi masyarakat. Tinggal sebagaimana kekreatifan pengelolaan bank sampah. Semisal sampah organik bisa dijadikan pupuk dan sampah plastik dijadikan kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi,” tutur Sugianto. (jon)

post-top-smn

Baca berita terkait