Saturday, 28 March 2020

DPRD Jatim Minta Pemerintah Kembali Hidupkan Pelajaran Tentang Pancasila

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Surabaya, SMN – Guna menjaga nilai pancasila agar tidak luntur di generasi penerus bangsa maupun di tengah masyarakat. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur mungusulkan agar menghidupkan kembali pelajaran sejarah Pancasila atau tentang pelajaran moral Pancasila yang kini diganti Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDIP Jatim, Sri Untari di DPRD Jatim, Senin (28/11) mengatakan  Pancasila ini merupakan ektrasi dari kaum islam dan kebangsaan yang dapat menyatuhkan dan mempertahankan kemajemukan Indonesia. Namun saat ini makin luntur pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kurangnya dan hilangnya pelajaran sejarah tentang pancasila saat ini membuat masyarakat tidak memahami tentang Pancasila, sehingga membuat paham radikalisme gampang masuk di Indonesia,” ujar Untari yang juga anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

Terkait langkah selanjutnya untuk menghidupkan kembali pelajaran tentang Pancasila ini, pertama pihaknya akan menyampaikan aspirasi ini ke Komisi E DPRD Jatim untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah pusat yaitu mendikbud agar menghidupkan kembali nilai Pancasila mulai SD hingga SMA. Kemudian pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan tokoh kecamatan, tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan nilai Pancasila. bahkan kalau perlu pihaknya sowan dan menggadeng TNI/Polri untuk memahami nilai – nilai Pancasila tersebut.

Lebih lanjut Sri untari yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP,juga meminta kepada pemerintah membuat rumusan resmi dan perjalanan sejarah tentang penetepan hari Pancasila ini, agar masyarakat mulai tingkat bawah hingga elit politik dinegara Indonesia bisa memahami tentang Pancasila.

“Dengan adanya perumusan perjalanan tentang sejarah Pancasila diharapkan nilai pancasila dimasyarakat tidak berkurang dan penetapan hari pancasila harus kita amin menjadi keimanan politik di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Anggota DPRD Jatim, Sugeng Pujianto mengatakan pihaknya prihatin dengan lunturnya nilai Pancasila di masyarakat saat ini. Oleh karena itu pihaknya meminta pemerintah untuk menghidupkan kembali pelajaran tentang sejarah Pancasila tersebut.

“Saya menilai saat ini kurang ada pelajaran tentang sejarah Pancasila. Oleh karena itu pihaknya akan mengusulkan ke Kementerian Pendidikan untuk membuat lembaga khusus tentang sejarah pancasila ke sekolah – sekolah agar pemahaman Pancasila ini yang diajarkan tidak dilakukan sepotong – potong, ” ujar Sugeng. (pca/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait