Friday, 4 December 2020

DPRD Jatim Akan Optimalkan Pulau Madura Jadi Pulau Wisata di Jatim

post-top-smn
Bukit Jaddih, salah satu wisata alam yang berada di Bangkalan, Madura

Bukit Jaddih, salah satu wisata alam yang berada di Bangkalan, Madura

Jatim, SMN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur akan mengoptimalkan dan mendorong kabupaten di Pulau Madura menjadi sektor wisata di Jatim. Hal ini agar wisata di empat kabupaten di Madura terkenal di Indonesia dan juga di Dunia.

Anggota DPRD Jatim, Abdul Halim di DPRD Jatim, Selasa (5/4) mengatakan  salah satu potensi yang bisa dimaksimalkan adalah sektor wisata. Bahkan, Halim menilai potensi wisata yang ada di Madura sangat besar. Alasannya, di Madura terdapat sejumlah tempat wisata yang memiliki nilai jual tinggi. “Ada Pantai Lombang, lalu Sumenep Kepulauan, Gili Lobak, dan sebagainya yang saat ini sedang banyak digemari,” ujar Halim politisi asal Fraksi Gerindra Jatim.

Meski demikian, hal itu juga harus ditunjang oleh sejumlah faktor lainnya. Misalnya koneksi dengan beberapa destinasi wisata lainnya yang ada di luar Madura. Di antaranya Bawean, dan Karimun Jawa. Terlebih, Halim melanjutkan, Madura saat ini juga memiliki Lapangan Terbang (Lapter) Trunojoyo. “Itu misalnya kita buatkan paket wisata di 3 lokasi itu, pasti akan banyak yang datang, dan Madura punya sumber pemasukan yang besar seperti Raja Ampat, atau Bali,” tegas Halim.

Sehingga, dengan cara itu Halim berpendapat Madura akan siap menjadi sebuah provinsi. Oleh karena itu, Halim rencananya mengajukan usulan itu kepada Pemprov Jatim, maupun pemerintah pusat. “Walaupun kita tidak bisa melupakan syarat lainnya, yaitu soal kekurangan kabupaten. Tapi nanti bisa ditawarkan kepada Bawean untuk bergabung, atau cara lainnya,” ujar politisi asal Daerah Pemilihan (dapil) Madura.

Sementara itu Anggota DPRD Jatim lainnya dari Dapil Madura, Aliyadi Mustofa mengatakan sudah saatnya pemerintah melakukan pengelolaan terhadap lokasi wisata yang ada di Madura. Bahkan pihaknya menilai, optimalisasi semacam itu sangat penting. Mengingat adanya Jembatan Suramadu masih belum memberikan dampak yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi di Madura.

“Makanya, jalan lain untuk menumbuhkan pertumbuhan ekonomi, dan agar Madura ini mandiri ya dengan mempromosikan, dan mengoptimalkan wisata yang ada di Madura,” papar Aliyadi Mustofa politisi asal Fraksi PKB Jatim. (kominfo jatim)

post-top-smn

Baca berita terkait