Friday, 2 October 2020

Dispenda Kabupaten Madiun Sosialisasi Pemungut PBB-P2 di Kecamatan Jiwan

post-top-smn
Sosialisasi Pembinaan dan Pemungutan Pajak PBB-P2 TA 2016 oleh DISPENDA Kabupaten Madiun di Aula Kecamatan Jiwan

Sosialisasi Pembinaan dan Pemungutan Pajak PBB-P2 TA 2016 oleh DISPENDA Kabupaten Madiun di Aula Kecamatan Jiwan

Madiun, SMN Pemerintah kabupaten Madiun untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PADA), seluruh SKPD dan Dinas terkait yang menghasilkan PAD diwajibkan harus memenuhi target tiap tahunnya, bahkan kalau bisa lebih dari yang ditargetkan. Untuk bisa memenuhi itu Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Madiun telah mengadakan pembinaan dan sosialisasi pada petugas pemungut PBB-P2 di masing-masing Kecamatan sekabupaten Madiun, Kamis 28 April 2016 Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Madiun yang dikepalai INDRA Setiyawan melalui kabid penagihan tak kebaratan Ari Nur S telah mengadakan pembinaan dan sosialisasi PBB-P2 tahun anggaran 2016, agar petugas pemungut pajak ini bisa menjalankan sesuai target yang di bebankan di masing-masing petugas

Peserta pembicaraan dan sosialisasi pemungut PBB-P2 tahun anggaran 2016 di Kecamatan Jiwan ini terdiri dari 5 nara sumber dan peserta dari perwakilan masing-masing desa sekecamatan Jiwan, adapun 5 narasumber antara lain 1. Camat Jiwan diwakili oleh sekretaris kecamatan (Sekcam), 2. DPRD Kabupaten Madiun diwakili oleh ketua komisi 6 Drs. Suparno Budi Santoso MSi, 3. Polsek Jiwan diwakili oleh Kapolsek Jiwan, 4. Koramil Jiwan diwakili oleh Danramil Jiwan, 5. Inspektorat diwakili oleh Muhaimin. Sedangkan dari Dispenda Kabupaten Madiun sebagai moderator dalam acara pembinaan dan sosialisasi pemungut PBB-P2 TA 2016.

Desa-desa yang dilibatkan dalam acara ini adalah seluruh desa diKecamatan Jiwan antara lain : Desa Jiwan, Desa Matesih, Desa Bedoho, Desa Bibrik, Desa Bakur, Desa Grobogan, Desa Kincang Wetan, Desa Sukolilo, Desa Klagen, Dan Desa Wayut, dari masing-masing desa ini untuk mengirimkan 4 delegasinya untuk mengukuli acara ini.

Tujuan diadakan pembinaan dan sosialisasi menurut Kabid penagihan dan keberatan ARI NUR S adalah untuk memberikan ke masyarakat agar sadar dalam membayar pajak terutama pajak PBB-P2, tapi juga tidak mengesampingkan tertib wajib bayar pajak yang lainya. Jelasnya Kabid penagihan dan keberata Ari Nur.

Dalam acara pembinaan dan sosialisasi pemungutan PBB-P2 TA 2016, para narasumber telah menyebarkan secara gamblang dan jelas, mulai dari tekhnik dan tata cara pemungutan sampai penyetoranya. Dari Kapolsek Jiwan menjelaskan masalah dana pemungutan pajaknya agar segera disetorkan jangan sampai terjadi dibawa petugas pemungut pajak, khawatirnya dana hasil pemungutan pajak disalah gunakan buat kebutuhan lain atau pribadi dan yang lebih parah lagi bila sampai terjerat masalah hukum, karena masalah penyalahgunaan dana pajak dan telah bisa mengembalikan dana tersebut, jelas kapolsek Jiwan.

Dari DPRD Komisi C Kabupaten Madiun Drs. Suparno Budi Santoso MSi menyampaikan para peserta pembinaan dan pemungut PBB-P2 TA 2016 secara detail dan contoh-contoh yang pernah dialami oleh petugas pemungut pajak, begitu pula narasumber dari Inspektorat Muhaimin juga menyampaikan secara keseluruhan mulai dari teknik penarikan, pemungutan pelaporan dan penyetorannya secara lugas gamblang dan jelas.

Berdasarkan dari narasumber Danramil Jiwan telah menyampaikan dan menugaskan anak buanya melalui Babinsa masing-masing desa untuk membantu dalam pelaksanaan pemungutan pajak PBB-P2 Tahun Anggaran 2016 agar dalam pelaksanaan nantinya ditahun 2016 ini pajak PBB-P2 bisa berjalan lancar dan bisa memenuhi target sampai akhir tahun 2016.

Tujuan akhir dari diadakannya pembinaan dan sosialisasi pemungut PBB-P2 TA 2016 di Kecamatan Jiwan adalah realisasi target PBB-P2 di akhir tahun 2016 bisa tercapai atau lebih, target yang harus di penuhi Kecamatan Jiwan di tahun 2016 adalah 1,3 milyar bisa tercapai secara maksimal sesuai dengan waktu yang ditentukan. (sy/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait