Saturday, 24 October 2020

Dinsos Kab Bondowoso Laksanakan Sosialisasi Guru Ngaji dan Takmir Masjid Se – Kecamatan Tlogosari

post-top-smn
Ahmad Sayadi Sekcam Tlogosari dan Kaur Kesra Dinsos Kab Bondowoso.

Ahmad Sayadi Sekcam Tlogosari dan Kaur Kesra Dinsos Kab Bondowoso.

Bondowoso, SMN – Pada kamis (16/2/2017) kurang lebih 500 undangan yang hadir di Pendopo Kecamatan Tlogosari Bondowoso dalam rangka sosialisasi Guru ngaji, Takmir dan ketua lembaga pendidikan islam. Hadir dalam acara tersebut Kaur Kesra dari Dinas Sosial Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.
Mengawali sambutanya Sekcam Tlogosari Ahmad sayadi menekankan kepada guru ngaji, takmir masjid dan ketua lembaga pendidikan islam khususnya  yang ada di wilayah kecamatan Tlogosari harus berperan lebih aktif lagi guna untuk membetuk generasi muda sebagai generasi penerus Bangsa lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT agar masyarakat Bondowoso tercipta manusia yang beriman, berdaya dan bermartabat,” paparnya.
Kemudian di lanjut dengan sambutan Kaur Kesra dari Dinsos Kabupaten Bondowoso menyampaikan bahwa guru ngaji se Kecamatan Tlogosari sejumlah 391 orang. dengan mendapatkan tunjangan setiap tahunya Rp 800,000,00 per guru ngaji.
Kemudian tunjangan kesejahteraan masjid Rp 2.000.000,00 kali 79 masjid se Kecamatan Tlogosari.
“Pesantren/Lembaga pendidikan islam sejumlah 24 lembaga mendapatkan tunjangan 5,5 juta per lembaga. untuk RA sejumlah 2 lembaga masing – masing sebesar Rp 1.500.000,00 dan MA 2  lembaga, per lembaga mendapat tunjangan Rp 2.000.000,00. ini semua mudah mudahan bisa bermafaat bagi penerima tunjungan,” tuturnya.
Kaur kesra menambahkan, untuk mendapatkan tunjangan tersebut tentunya ada ketentuan sebagai berikut, untuk guru ngaji harus memiliki anak santri/anak didik minimal 10 santri dan ketentuan untuk masjid 1.Harus digunakan sholat jum’at secara rutin. 2.Ada struktur takmir masjid. 3.ada Izin oprasional. 4.Harus berbadan Hukum Kemenkumham.
Demikian ketentuanya selanjutnya di serahkan ke kepala Desa. Karena Kepala Desa yang tahu masing masing wilayah,dan dilanjutkan ke Pemkab untuk di ferivikasi,” terang kaur kesra.
Dalam pantauan Daryanto SMN acara sosialisasi tersebut di hadiri Kaur kesra Dinsos,Sekcam Tlogosari dan guru ngaji dan takmir masjid se Kecamatan Tlogosari. Alhandulilah acara tersebut berjalan lancar dan kondusif.(dar)
post-top-smn

Baca berita terkait