Tuesday, 24 November 2020

Dinas Pertanian Kabupaten Madiun Kembangkan Buah Manggis Lokal di kare

post-top-smn

 

Sanimin petani budidaya buah manggis di Kare, Kabupaten Madiun.

Sanimin petani budidaya buah manggis di Kare, Kabupaten Madiun.

Madiun, SMN – tanaman buah manggis adalah merupakan tanaman yang langka karena tidak semua tanah bisa ditanami pohonn buanh manggis. Pohon buah manggis bisa hidup subur dan bisa berbuah dengan baik di daerah dataran tinggi yang udaranya sejuk dan tanahnya lembab.

Tanaman buah manggis lokal di desa Kare, kecamatan Kare kabupaten Madiun ini tanaman buah manggis milik Sanimin adalah tanaman buah manggis yang sudah berpuluh-puluh tahun dan merupakan tanmaan peninggalan nenek moyangnya jadi Sanimin sebagai penerus pemeliharaannya dan pengelolaannya.

Kata Sanimin tanaman buah manggis bisa dibudidayakan dan dikembangkan melalui 3 9tiga) cara diantaranya dengan cara melalui biji, melalui stek (sambung pucuk) dan melalui penyusuan. Dari ketiga cara ini yang paling sulit melalui penyusuan karena butuh ketelitian, kecermatan yang benar-benar, salah sedikit saja tidak akan bisa jadi bibit. Maka dari itu Sanimin hanya menggunakan dua cara pengembangbiakan yaitu melalui biji dan stek.

Sampai sekarang sudah dikembangbiakan melalui biji dan stek mencapai ratusan bibit dan buat manggis lokal di pekarangannya. Ada yang sudah agak besar dan ada yang masih tunas di lahan pekarangannya. Hampir seluruh pekarangannya ditanami tanaman buah manggis.

Tanaman buah manggis lokal ini merupakan tanaman keras tinggi, berakar keras dan bisa hidup berpluh-puluh tahun bahkan berates-ratus tahun. Tanaman buah manggis lokal ini mulai sejak ditanam sampai berbuah pada usia tanam kurang lebih 5 tahun keatas jadi butuh waktu yang lama makanya banyak warga setempat yang tidak mau menanamnya dan lebih memilih menanam tanaman buah yang lainnya yang cepat berbuah dan cepat bisa dinikmatinya.

Karena tanaman buah manggis ini banyak manfaatnya, mulai dari daun dan buanya bisa digunakan sebagai bahan obat-obatan terutama sebagai bahan obat penyakit kolesterol, darah tinggi, jantung, diare dan masih banyak lagi manfaatnya. Selain itu buahnya sangat enak, segar dan banyak penggemarnya.

Tanaman buang manggus lokal di Kare saat berbuah pada bulan Januari-Maret, akan berbuah banyak dan lebat apabila ada musim kemarau kalau ada musim penghujan sepanjang tahun maka tanaman buah manggis tidak bisa berbuah secara maksimal dan lebat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Madiun Ir.Moch Nadjib MTP melalui Kabidaya Ir.Sumanto telah mengembang biakan tanaman buah manggis di daerah Kare ini kaena di Kare sangat bagus buat tanaman buah manggis, selain udaranya sejuk dan tanahnya bagus buat tanaman buah manggis, hal ini juga mendukung program pemerintah Kabupaten Madiun tentang Agropolitan di wilayah Gemarang, Kare dan Wungu. Sebagai sentral hasil pertanian buah-buahan, industry dan pariwisata serta bisa menambah/meningkatkan perekonomian masyarakat yang lebih sejahtera sesuai semboyan pemerintah Kabupaten Madiun lebih sejahtera di tahun 2018. (Sy/Adv)

post-top-smn

Baca berita terkait