Wednesday, 28 October 2020

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar: Gunakan Alat Berat Untuk Penanggulangan Bencana

post-top-smn
Sejumlah alat-alat berat disiapkan untuk mengantisipasi bencana longsor, banjir dan lainnya

Sejumlah alat-alat berat disiapkan untuk mengantisipasi bencana longsor, banjir dan lainnya

Blitar, SMN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar menyiapkan sejumlah alat-alat berat untuk mengantisipasi bencana longsor, banjir dan lainnya, terutama di daerah-daerah yang potensi bencananya sangat besar, karena melihat cuaca dan iklim penghujan saat ini. Antisipasi tersebut dinilai perlu dilakukan, karena ada kekhawatiran jika bencana terjadi maka, dapat menghambat kelancaran arus lalu lintas.

Suwandi menyampaikan kita mengerahkan seluruh alat berat milik Pemkab Blitar untuk selalu siaga mengantisipasi bencana di berbagai daerah yang mengalami bencana, mengingat cuaca yang ekstrem serta tingginya intensitas curah hujan menyebabkan bencana terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Blitar.

Hal ini terlihat dengan banyaknya bencana longsor, banjir serta jembatan yang ambruk di sejumlah daerah, sehingga mengakibatkan akses transportasi menuju beberapa daerah terputus beberapa saat. Seperti banjir yang terjadi di Kecamatan Sutojayan, penangganan masalah banjir tidak hanya menjadi kewajiban Pemkab Blitar saja melainkan juga desa dan kecamatan termasuk masyarakat harus membantu. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pengerukan sedimentasi.

Pemkab Blitar sendiri sudah menyiapkan alat berat untuk melancarkan pengerukan sedimentasi. Pengelolaan diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Desa atau kecamatan yang membutuhkan maka bisa mengajukan permohonan, alat berat siap sewaktu-waktu untuk membantu masyarakat dan informasi seperti ini sangatlah penting untuk diketahui oleh warga.(mam/Adv)

post-top-smn

Baca berita terkait