Wednesday, 25 November 2020

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung Adakan Bimtek Kepada Pengurus Kopwan Se-Tulungagung, Upaya Tingkatkan Kwalitas dan Kinerja Para Pengurus Koperasi

post-top-smn
Suasana Penyampaian materi saat Bimbingan Teknis (Bimtek)

Suasana Penyampaian materi saat Bimbingan Teknis (Bimtek)

Tulungagung, SMN – Untuk lebih meningkatkan kinerja para pegurus Koperasi Wanita (Kopwan) Binaannya, Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Tulungagung beberapa waktu lalu adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para Pengurus Kopwan Se- Tulungagung. Adapun pesertanya sebanyak 50 Orang. Mereka terdiri dari unsur Ketua dan wakil Ketua plus Bendahara atau pengurus Kopwan yang ditunjuk untuk mewakili dari masing-masing Koperasi. Acaranya bertempat di Gedung Perpustakaan lama Tulungagung.

Kegiatan Bimtek berlangsung selama 3 Hari, dimulai sejak pukul 8.00 – 15.00 Wib. Dengan pemateri sebanyak 3 Orang, mereka adalah Abdul Kholiq, SE Kabid Fasilitas Pembiayaan dan Usaha Simpan Pinjam, adapun materi yang disampaikan adalah Dasar-Dasar Akuntansi Usaha Simpan Pinjam. Kemudian pemateri berikutnya adalah Mohani, S.Sos, MM. Ia keseharian menjabat sebagai Kasi Pengendalian Simpan Pinjam adapun pelajaran yang diajarkan kepada peserta Bimtek adalah tentang Standard Operasional Prosedur (SOP) dan Standard Operasional Managemen (SOM). Sedangkan penyampai materi terachir adalah Heri Susanto, praktisi komputer itu mengajari para peserta mengenai pelaporan dan pembukuan melalui aplikasi soptware.

Yang menarik pada kegiatan ini setiap peserta yang mengajukan pertanyaan, asal pertanyaannya sesuai dengan topik yang diajarkan, bagi yang bertanya diberikan hadiah, hadiahnya bermacam-macam doorprice yang jumlahnya cukup banyak. Kesempatan itu tampaknya digunakan sebaik-baiknya oleh para Peserta, sehingga banyak peserta berebut  mengajukan pertanyaan.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung Drs. Eko Asistono, MM diidampingi Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tulungagung Drs Suprapto, Kabid UMKM Drs. Kustoyo dan Ketua Panitia Bimtek Abdul Kholiq, SE. Pada saat membuka kegiatan itu antara lain mengatakan, sangat pentingnya pencacatan akuntansi memakai aplikasi soptware, hal itu dilakukan supaya Koperasi Wanita dapat lebih meningkatkan pelayanannya terhadap anggota Koperasi. Harapannya melalui Bimtek ini Koperasi khususnya Kopwan di Tulungagung tumbuh lebih meningkat lagi dan mempunyai aset yang semakin besar agar supaya semakin dirasakan manfaatnya oleh para anggotanya.

Sementara itu, Abdul Kholiq, SE salah seorang pemateri yang sempat ditemui Wartawan Majalah ini mengatakan, bahwa tujuan umum akuntansi terdiri dari beberapa tujuan, diantaranya yaitu, memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya mengenai aset, kewajiban dan modal, kemudian memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai perubahan dalam aset netto, dan memberikan informasi keuangan yang membantu para pemakai laporan untuk menaksir potensi koperasi dalam menghasilkan laba. Selanjutnya yaitu, memberikan informasi lainnya mengenai perubahan dalam aset dan kewajiban.

Ia mengatakan lebih lanjut misalnya mengenai aktivitas pembiayaan dan investasi yang terakhir, dapat mengungkapkan sejauh mungkin informasi lain yang berhubungan langsung dengan laporan keuangan yang relevan untuk kebutuhan pemakai laporan, seperti yang dianut Koperasi. Tutupnya.

Setelah pemateri pertama selesai tepat jam 12.00 Wib kemudian berganti acara Isoma hingga pukul satu siang lebih. Selanjutnya Bimtek diteruskan oleh pemateri berikutnya hingga pukul 15. 00 Wib. (fir/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait