Thursday, 29 October 2020

Dewan Fokus Bahas Raperda

post-top-smn
Ketua DPRD Kaltara, Marten Sablon

Ketua DPRD Kaltara, Marten Sablon

Tanjung Selor – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltara telah menyusun jadwal kegiatan selama sebulan ke depan, melalui rapat Banmus, Selasa (28/2) kemarin.

Menurut Ketua DPRD Kaltara, Marten Sablon, sesuai agenda yang disepakti Banmus, salah satu agenda yang menjadi fokus anggota dewan, yakni membahas beberapa rancangan peraturan daerah (Raperda), baik itu usulan pemerintah provinsi maupan inisiatif dewan.

“Secara khusus, kegiatan kita di bulan Maret ini membahasa raperda. Baik usulan pemerintah provinsi maupun inisiatif dewan,” kata Marten Sablon, yang ditemui usai memimpin rapat.

Disebutkannya, pihaknya sudah menjadwalkan pemanggilan beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang ada kaitannya dengan raperda yang diusulkan. Tujuannya, memberikan masukan dan koordinasi terkait raperda yang masuk ke DPRD.

Ia berharap, setelah koordinas ini, dalam waktu dekat ada kesepakatan antara pemprov dengan DPRD mengenai rapaerda yang akan masuk prolegda (program legislasi daerah) tahun 2017.

“Mulai hari ini (kemari) kami undang SKPD-SKPD untuk koordinasi. Sehingga dalam minggu ini bisa mengelar paripurna untuk persetujuan raperda yang akan dogodok tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ada 20 raperda yang akan diupayakan selesai tahun ini. Salah satunya Raperda tentang CSR. Kehadiran raperda kata dia sangat penting sebagai payung hukum pemerintah dalam menjalankan kebijakan. Selain itu, pihaknya juga tidak bisa melakukan pengawasan tanpa adanya perda sebagai acuan.

“Target kita ada 20 raperda yang ingin kita sahkan tahun ini. Dari pemerintah ada 10 dan inisitif dewan 10. Ini yang kita mau fokuskan. Karena kehadiran perda penting. Kita eggak bisa melakukan pengawasan kalau tidak ada payung hukum. Makanya kita ingin menyelesaikan beberapa perda sebagai payung hukum,” tandasnya. (al/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait