Thursday, 1 October 2020

Bupati Trenggalek Wakili Asia Pasifik di Urban Governance Survey dalam Kongres Kepala Daerah se-Dunia di Bogota

post-top-smn

trenggalek

Trenggalek, SMN – Bupati Trenggalek yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemkab Seluruh Indonesia (Apkasi), dan baru saja terpilih sebagai Wakil Presiden Asosiasi Pemerintah Daerah se-Asia Pacific (United Cities and Local Government – UCLG Asia Pacific), telah tiba di kota Bogota, Kolombia, untuk mengikuti serangkaian kegiatan Kongres Kepala Daerah se-dunia, the United Cities and Local Government World Congress ke-5. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Kongres Kepala Daerah se-dunia sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Habitat-III, kongres 20 tahun sekali yang akan menentukan arah pengembangan wilayah di dunia untuk 20 tahun kedepan.

Emil Dardak terpilih untuk mewakili Asia Pasifik dalam sebuah kegiatan bernama Urban Governance Survey pada tanggal 12 Oktober 2016, yang diadakan London School of Economics, United Nations (UN) Habitat, dan UCLG Committee on Decentralization and Local Self-Government, serta MacArthur Foundation. Kegiatan ini akan menentukan tren pemerintahan daerah kedepannya, termasuk tantangan tata kelola pemerintahan daerah. Turut berpartisipasi dalam Urban Governance Survey adalah David Lucas, Walikota Mostoles dan Presiden Komisi Internasional Asosiasi Provinsi dan Perkotaan Spanyol mewakili Eropa, Christine Norman, Walikota Bentol di Liberia

Tema yang akan dibahas khususnya termasuk otonomi keuangan daerah, peran serta masyarakat dalam pengambilan kebijakan daerah, distribusi sektoral dari kekuatan politik daerah, dan tantangan menuju pembangunan daerah berkelanjutan. Sesi ini akan dimoderatori Diana Lopez, kepala Unit Pemerintahan Daerah, UN Habitat.

Emil Dardak juga akan menjadi pembicara dalam Driving Bottom Up National Development Policy Dialogue bersama Hugo Siles, Menteri Otonomi Bolivia, Ossouka Raponda, Walikota Libreville Gabon, Simon Gaviria Manoz, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Kolombia, Rosario Bento Pais, European Commission, dan Josep Lluis Alays Rodriguez, Komisioner Kerjasama Internasional Barcelona. Policy Dialogue yang akan diselenggarakan pada tanggal 13 Oktober 2016 di rangkaian Kongres UCLG World ini akan memberi kesempatan untuk memperjuangkan konsep pembangunan bottom up di Indonesia, dimana arah pembangunan nasional akan turut dibangun dari daerah-daerah Kabupaten.

Selain Emil Dardak, pembicara yang hadir pada UCLG World Congress dari Indonesia adalah Tri Rismaharini, Walikota Surabaya yang menjadi tuan rumah pertemuan Preparatory Committee Habitat-3, serta Deputi Gubernur DKI Jakarta, Oswar Mungkasa, selaku tuan rumah sekretariat UCLG Asia Pacific.

mewakili Afrika,  Clark Somerville, Presiden Asosiasi Perkotaan Kanada mewakili Amerika Utara, dan Maria del Carmen Roldan Arango, Walikota Santa Rosa de Osos mewakili Amerika Latin. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait